Hadirkan CEO Boedjang Group untuk Kembangkan UMKM

pajak

BDS: KPP Pratama Sintang menggelar program BDS yang menghadirkan CEO Boedjang Group Lukman Hakim Prasetyo di Lima Café, Rabu (11/9).  IST

KPP PRATAMA SINTANG

SINTANG—Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Sintang menggelar program Business Development Services (BDS) dengan menghadirkan CEO Boedjang Group Lukman Hakim Prasetyo yang bergerak di bidang kuliner di Lima Café, Sintang, Rabu (11/9).

Acara yang dibalut dalam bentuk sharing session pengembangan bisnis di bidang kuliner ini menghadirkan 33 wajib pajak UMKM khususnya yang bergerak di bidang usaha kuliner di Sintang.

Lukman menyampaikan bahwa ia sebelumnya adalah seorang PNS di Direktorat Jenderal Pajak. Akhirnya memutuskan resign pada tahun 2018 untuk mengembangkan bisnisnya. “Jadi apa yang saya sampaikan ke orang tua ya tentunya saya buktikan bahwa usaha saya ini sudah ada hasilnya,” jawab Lukman ketika ditanya bagaimana meyakinkan keluarga saat memilih resign.

Kini ia menjadi pemilik rumah makan Bebek Bejo, Bebek Boedjang, Bale-Bale Muara Ikan Bakar, dan Bakso Tyga Sapi. Saat ini usaha Lukman ada 15 cabang yang tersebar di Pontianak.

“Karena sebetulnya ketika usaha makin berkembang, pajak bukanlah sesuatu hal yang ditakuti. Ketika sudah punya usaha, Anda harus tahu pajaknya. Setelah tahu pajaknya, akhirnya kita menyadari bahwa pajak yang dibayarkan itu tidak besar-besar amat,” kata Kepala Seksi Ektensiikasi dan Penyuluhan KPP Pratama Sintang Bramasto saat menyampaikan materi tantang perpajakan.

BDS yang bertema Rahasia Sukses Membangun dan Mengembangkan Bisnis Kuliner ini juga membahas mengenai tips dan cara mengembangkan cabang, cara mengatur keuangan, serta pengelolaan sumber daya manusia dalam menjalankan bisnis.

BDS adalah salah satu strategi dalam membina dan mendorong pengembangan usaha UMKM secara berkesinambungan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, keterikatan, dan kepatuhan pajak. Materi program BDS dapat berupa materi perpajakan, pembukuan, pencatatan atau materi lainnya sesuai dengan kebutuhan peserta pembinaan UMKM.

“Saya berterimakasih sekali kepada KPP Pratama Sintang yang telah menyelenggarakan sharing pengembangan bisnis yang menghadirkan narasumber yang berpengalaman dan tepat di bidangnya,” kata Dian Mazendra, pemilik rumah makan Sambal Gledek. (r/*)

Read Previous

Orang Tua dan Oknum Guru Damai

Read Next

Tahun Depan Masuk ke 60 Desa dan 7 Kelurahan

Tinggalkan Balasan

Most Popular