Harapkan Komitmen Orang Tua dan Siswa Disiplin Terapkan Prokes
Erlina Monitoring Belajar Tatap Muka di Sekolah

TATAP MUKA: Bupati, Erlina memasangkan face shield kepada salah seorang siswa. WAHYU ISMIR/PONTIANAK POST

Bupati Mempawah, Hj Erlina, SH, MH melakukan monitoring pelaksanaan belajar tatap muka di sekolah, Senin (22/2) pagi. Erlina melihat secara dekat kegiatan belajar tatap muka di hari pertama sejak pandemi Covid-19 di Kabupaten Mempawah. Peninjauan dilaksanakan di sejumlah sekolah di Jongkat dan Segedong.

——

DALAM peninjauan tersebut, Bupati didampingi Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disdikporapar) El Zuratnam, Kepala Dinas Kesehatan Jamiril beserta Camat Jongkat dan Segedong beserta Kepala Sekolah.

Sekolah pertama yang didatangi orang nomor satu di Kabupaten Mempawah itu yakni SMPN 1 Jongkat. Di lokasi itu, Bupati melakukan pengecekan fasilitas yang disiapkan sekolah untuk mendukung penerapan protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

Kemudian, Erlina dan rombongan mengunjungi SDN 01 Segedong. Sama seperti lokasi sebelumnya, Bupati melihat sarana dan prasarana serta berdialog dengan tenaga pendidik di SDN 01 Segedong.

“Peninjauan dan monitoring ini untuk memastikan kesiapan pihak sekolah dalam melaksanakan kegiatan belajar tatap muka pertama kalinya sejak terjadi pademi Covid-19 di Kabupaten Mempawah,” kata Erlina.

Secara keseluruhan, Erlina menyebut sekolah di Kabupaten Mempawah telah melengkapi berbagai fasilitas dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk mendukung kelancaran aktivitas belajar tatap muka.

“Tempat cuci tangan, hand sanitier sudah tersedia semuanya. Bahkan, pihak sekolah juga memberikan masker dan face shield untuk memastikan keamanan siswa saat mengikuti belajar tatap muka,” ujarnya.

Karenanya, Erlina berharap disiplin penerapan prokes kesehatan dilingkungan sekolah harus selalu dijaga dan ditingkat. Hal  itu sangat penting untuk menjamin seluruh siswa dan tenaga pendidik maupun kependidikan aman dari potensi penularan virus corona.

“Upaya yang telah dilakukan sekolah harus didukung dengan komitmen para orang tua dan masyarakat itu sendiri. Orang tua hendaknya selalu mengingatkan anak-anak agar disiplin menerapkan prokes baik dilingkungan sekolah maupun diluar rumah,” harapnya.

Terkait pelaksanaan belajar tatap muka, Erlina menjelaskan pemerintah memberikan kesempatan kepada daerah yang masuk dalam zona kuning untuk melaksanakan aktivitas belajar tatap muka di sekolah.

“Kabupaten Mempawah termasuk salah satu daerah zona kuning di Kalbar. Makanya, mulai hari ini kita laksanakan ujicoba belajar tatap muka di seluruh jenjang pendidikan,” tuturnya.

Meski diperbolehkan melaksanakan belajar tatap muka, namun Erlina mengingatkan seluruh pihak agar selalu komitmen menerapkan prokes Covid-19. Sebab, kegiatan belajar tatap muka bisa saja dihentikan jika ditemukan kasus penularan dilingkungan sekolah.

“Saya berharap kegiatan belajar tatap muka ini bisa bertahan secara terus menerus dengan pelaksanaan prokes secara ketat dan disiplin. Kita minta masyarakat dan orang tua mengingatkan anak-anak agar selalu disiplin menerapkan prokes Covid-19. Supaya, kesehatan anak-anak tetap terjaga dengan baik,” pungkasnya.(wah)

error: Content is protected !!