Harga Kebutuhan Pokok Masih Stabil

ILUSTRASI

PONTIANAK – Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menuturkan menjelang puasa harga kebutuhan pokok yang dijual di pasar tradisional masih relatif stabil. Kunjungan masyarakat ketika berbelanja ke pasar juga tetap normal seperti hari biasa. “Hingga kini harga sembako masih terkendali dan pasokan aman sehingga masyarakat tidak perlu khawatir adanya lonjakan harga jelang puasa,” ujar Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono, Sabtu (3/4).

Ia menjelaskan dari pantauan Tim Pengendalian Inflasi Daerah Kota Pontianak, secara umum pasokan dan harga bahan pokok relatif stabil. Mulai dari beras, gula pasir, minyak goreng, daging sapi, daging ayam, telur, bawang merah, dan bawang putih. Kendati demikian, Edi akan terus membangun sinergitas dengan pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan pelaku usaha guna menjaga pasokan dan harga bahan pokok tetap stabil. Itu dilakukan supaya masyarakat bisa mendapatkan barang kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau.

Berdasarkan data perkembangan harga kebutuhan pokok yang dirilis Diskumdag harga telur ayam ras Rp 9.600 per kilogram, harga daging ayam ras Rp 26.600,- per kilogram, harga daging sapi Rp 128.000,- per kilogram sementara harga rata-rata cabe rawit lokal Rp 116.000,-, harga bawang merah Rp 33.800,- per kilogram, dan harga bawang putih masih berkisar Rp 25.600,- per kilogram.

Lebih lanjut Edi memastikan untuk mengantisipasi lonjakan harga sembako yang mungkin saja terjadi. Pihaknya akan melakukan operasi pasar, pasalnya di Kota Pontianak terdapat pasar penyeimbang yang bekerjasama dengan Bulog. Namun jika bahan pokok yang didistribusikan impor, Pemerintah Kota Pontianak akan  berkoordinasi dengan Kementerian Perdagangan.(iza)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!