Hari Ini Penetapan Bupati dan Wabup Terpilih

Musa Jairani

Terapkan Prokes Ketat, Tamu Undangan Dibatasi

BENGKAYANG  –  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bengkayang memastikan jadwal penetapan Bupati dan Wakil Bupati Bengkayang terpilih akan dilaksanakan Jumat (22/1) di Aula Kantor Bupati Bengkayang pukul 08.30 WIB. Ketua KPU Bengkayang, Musa Jairani menjelaskan bahwa saat ini pihaknya telah menerima surat resmi dari Mahkamah Konstitusi (MK)y ang dilampiri Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK).

“BRPK sudah kita terima sehingga pelaksanaan penetapan bupati dan wakil bupati terpilih akan kita laksanakan Jumat (22/1),” ungkapnya saat dikonfirmasi, Kamis (21/1). Menurut Musa, penetapan bupati dan wakil bupati terpilih ini didasarkan pada Peraturan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 15 Tahun 2019 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020, serta memperhatikan Surat Dinas Ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 60/PL.02.7-SD/03/KPU/A/2021 tanggal 20 Januari 2021 dengan Perihal Surat: Penetapan Pasangan Calon Terpilih Pemilihan Serentak Tahun 2020.

Musa mengungkapkan, dalam acara penetapan bupati dan wakil bupati terpilih ini tamu undangan dibatasi dan diatur sedemikian rupa mengingat pelaksanaannya di tengah pandemi Covid-19. “Pelaksanaan tentunya dilakukan dengan proses ketat dan yang hadir juga terbatas. Karena ini sesuai dengan PKPU Nomor 6 Tahun 2020, Bawaslu Kabupaten maksimal dua, paslon, serta tiap parpol pengusung satu orang,” jelas Musa.

Sementara itu,  Kapolres Bengkayang, AKBP NB. Dharma memastikan pihaknya akan mengerahkan personel untuk mengamankan jalannya Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Terpilih Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bengkayang.

“Kami juga sudah menerima daftar tamu yang akan hadir. Tentunya terkait pengamanan sendiri tidak terlepas dari skala prioritas ancaman,” katanya saat diwawancarai, Jumat (21/1). Polres Bengkayang bakal menerjunkan 60 personel yang stand by selama kegiatan. Selain itu, personel tambahan juga disiagakan apabila sewaktu-waktu diperlukan.

“Dalam hal ini kita bekerja sama dengan stakeholder terkait, khususnya TNI dan Satpol PP. Selain itu, kita juga bekerjasama dengan tim gugus tugas dalam hal memastikan setiap tamu yang datang dalam keadaan sehat,” tuturnya.

Protokol kesehatan (prokes) khususmya 3M (memakai masker, menjaga jarak, serta mencuci tangan dengan sahun dan air mengalir) juga akan diterapkan kepada setiap hadirin. Hal ini guna mencegah terjadinya penyebaran wabah Covid-19 di Bengkayang. “Tentunya hal ini jadi prioritas karena di situasi pandemi seperti saat ini, beberapa agenda kegiatan yang dilaksanakan kita wajib mengedepankan prokes,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, dia juga mengimbau setiap paslon dan para pendukung yang ikut berkompetisi di ajang Pilkada Kabupaten Bengkayang lalu untuk bersama-sama menjaga situasi tetap kondusif.

“Baik itu pihak yang menang atau kalah, kita harus tetap berdamai, menjaga kondusivitas dan harus bisa saling menerima keputusan yang telah ditetapkan. Kita percaya bahwa siapapun yang terpilih adalah putra terbaik yang akan memimpin Kabupaten Bengkayang ke depannya,” pungkasnya.(sig)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!