Hari Jadi Kabupaten Kayong Utara Bersama Melawan Covid 19

SUKADANA- Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji mengungkapkan, persoalan pandemi Covid 19 telah menjadi sebuah isu global yang membawa pengaruh sangat besar terhadap setiap sendi kehidupan masyarakat, baik dari sisi ekonomi sosial budaya, bahkan dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Untuk itu,  pada momentum hari jadi Kayong Utara ini diharapkan mampu bersama melawan Covid 19 menuju Kabupaten Kayong Utara sehat dan sejahtera.

“Di Indonesia peningkatan jumlah penularan Covid 19, peningkatan angka pengangguran hingga peningkatan angka kemiskinan adalah beberapa hal yang menjadi perhatian serius bagi pemerintah, dan pemerintah daerah, dimana melalui kebijakan relokasi dan refocusing anggaran belanja negara dan daerah ke arah penanganan dampak tersebut telah menjadi salah satu prioritas utama yang dilaksanakan pada saat ini,”terang Bupati Kayong Utara Citra Duani, saat membacakan sambutan tertulis Gubernur pada peringatan hari ulang tahun Kabupaten Kayong Utara ke 13, di aula pendopo bupati (istana rakyat), Sukadana, (26/6) pagi.

Selain itu, sambung Citra, Gubernur mengapresiasi tema yang diusung dalam peringatan tahun ini, yakni dengan semangat hari jadi Kabupaten Kayong Utara bersama melawan covid 19 menuju Kabupaten Kayong Utara sehat dan sejahtera.

Tema tersebut tentunya, menyuarakan sebuah motivasi untuk menjadikan momentum peningkatan hari ulang tahun ke-13 Kabupaten Kayong Utara, dengan terus mengorbankan semangat perjuangan, guna memenangkan peperangan dan segala keluar dari krisis demi kembali kepada kondisi kehidupan normal seperti sebelumnya.

“Dalam mencapai tujuan tema tersebut, khususnya agar dapat terwujud Kabupaten Kayong Utara sehat di masa pandemi. Saat ini hal paling penting yang perlu dilakukan bagaimana kita senantiasa mengedepankan upaya-upaya pencegahan jika dengan upaya pengobatan,”sambungnya.

Agar dapat terwujud secara maksimal maka perlu adanya upaya yang dilakukan secara sinergis baik, antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan pemerintah Kabupaten, sesuai kewenangan dan tanggung jawab yang diemban masing-masing.

“Apabila kita cermati di masa pandemi ini, desa akan memiliki peran cukup besar dalam mendukung program-program pemerintah meminimalkan dan membantu masyarakat yang terdampak akibat wabah covid 19. Dalam kaitan itu, saya juga ingin memberikan apresiasi kepada segenap masyarakat jajaran pemerintah Kabupaten Kayong Utara, karena telah menjadi salah satu daerah di Kalimantan Barat yang dinyatakan bebas dari Desa sangat tertinggal,”lanjutnya.

Bagi dia, prestasi ini tentunya menjadi hal yang patut disyukuri, namun juga jangan sampai membuat berpuas diri, bahkan sebaliknya, prestasi ini harus menjadi motivasi bagi semua pihak untuk lebih giat bekerja guna mendorong dan mengembangkan desa-desa yang ada, sehingga kelak semua desa di Kabupaten Kayong Utara ini akan mampu menjadi Desa Mandiri.

Citra menyampaikan, meski Kabupaten Kayong Utara merupakan salah satu kabupaten termuda di Kalimantan Barat serta memiliki kondisi geografis yang memiliki tantangan tersendiri, harus tetap yakin dan optimis bahwa dengan strategi dan kebijakan yang tepat dari sikap Unsur pemerintahan daerah serta komitmen semua aparatur untuk selalu bekerja dengan keras bekerja dengan cerdas serta bekerja dengan tuntas.(dan)

 

loading...