Hidangan Laut Khas Nusantara

Udang, cumi, ikan, dan kerang dapat diolah menjadi berbagai masakan. Hidangan laut ini semakin lezat dan gurih dengan bumbu khas ala Nusantara. Pastinya menggugah selera. Seperti olahan seafood ala Periuk Live Seafood.

Oleh: Ghea Lidyaza Safitri

Seafood 4 in 1

Supervisor Periuk Live Seafood, Elly menjelaskan eafood 4 in 1 memiliki rasa dan aroma yang khas. Makanan yang ditata di atas daun pisang ini terdiri dari potongan cumi, udang, fillet daging ikan kakap, kerang hijau, dan bonggol jagung yang dimasak bersamaan dengan saus Padang. Aromanya begitu harum. Berbeda dengan masakan Padang yang bercita rasa pedas, saus Padang seafood 4 in 1 ini tidak terlalu pedas. Tingkat kepedasan disesuaikan dengan lidah masyarakat Pontianak. Uniknya, dalam pengolahan saus ditambahkan kocokan telur. Sehingga saus menjadi kental dan terasa nikmat.

Cumi Goreng Tepung

Cumi digoreng menggunakan tepung yang sudah diberi bumbu. Kemudian, goreng hingga warna kuning kecoklatan. Saat digigit, terasa lembut di dalam dan renyah di luar. Cumi goreng tepung disantap dengan saus tomat dan saus sambal.

Ikan Asam Pedas

Ikan asam pedas ini menggunakan jenis ikan patin. Tekstur daging begitu lembut dan kaya lemak. Dalam proses pengolahannya tidak hanya menggunakan bumbu dan rempah khas, tetapi juga tambahan potongan nanas untuk memberikan rasa manis dan segar. Tak lupa air asam Jawa untuk menambah rasa asam. Kuah ikan asam pedas ini lebih kental berwarna merah.

Udang Panggang

Tidak hanya nikmat diolah dalam balutan saus atau lumuran tepung, udang juga terasa lezat saat dipanggang. Cara mengolahnya, daging udang terlebih dulu dilumuri dengan saus pedas manis dengan bumbu dan rempah khas. Setelah meresap daging udang ditusuk dengan tusuk sate dan dipanggang hingga matang. Manisnya daging udang berpadu nikmat dan lezat dengan saus pedas manis.

Ikan Patin Terbang

Tidak hanya ikan gurame, ikan patin juga dapat diolah menjadi ikan ‘terbang’. Proses memasaknya yakni ikan patin diiris bagian kanan dan kirinya. Kemudian dibalut dalam tepung dan digoreng dalam minyak panas hingga berwarna kuning kecoklatan. Ikan patin terbang renyah di bagian luar dan lembut di dalam ini ini nikmat disantap dengan sambal dan nasi putih hangat. **

Read Previous

Andalkan Pengalaman Pemain ‘Tua’

Read Next

Edukasi Perpajakan Kaur Keuangan

Tinggalkan Balasan

Most Popular