Himbau Masyarakat Tak Gelar Perayaan Imlek

LINTAS SEKTORAL: Pemaparan pelaksanaan Operasi Liong Kapuas 2021 di Kabupaten Mempawah.Istimewa

Operasi Liong Kapuas 2021

MEMPAWAH – Menindaklanjuti kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat dan pelarangan perayaan Cap Go Meh ditengah pandemi Covid-19, Polres Mempawah menggelar rapat koordonasi lintas sektoral Ops Liong Kapuas 2021, Kamis (4/2) pagi di Ruang Rupatama Polres Mempawah. Dipimpin Kapolres, AKBP Fauzan Sukmawansyah, S.Ik, MH, rakoor tersebut turut dihadiri Asisten I Setda Pemkab Mempawah, Juli Suryadi Burdadi, Muspida, OPD Pemerintah Kabupaten Mempawah, Panitia Imlek dan Cap Go Meh Sungai Pinyuh, pengurus vihara dan kelenteng, beserta jajaran Polres Mempawah.

Kapolres mengatakan, rapat koordinasi lintas sektoral yang dilaksanakannya merupakan salah satu agenda kalender kamtibmas di wilayah hukum Polres Mempawah. Karena itu, dia menilai kegiatan tersebut sangat penting dan strategis. “Menindaklanjuti Surat Edaran Gubernur Kalimantan Barat Nomor : 443.1/0111 tahun 2021 tentang pembatasan kegiatan masyarakat dan pelarangan sementara perayaan Cap Go Meh untuk pengendalian penyebaran Covid-19 di Provinsi Kalimantan Barat yang berlaku dari tanggal 9 Januari sampai 28 Februari 2021,” katanya.

Sebagai langkah awal, Kapolres memastikan jajarannya telah melaksanakan pengecekan di sejumlah tempat ibadah  Vihara di Kecamatam Mempawah Hilir dan Kecamatan Sungai Pinyuh. Serta menemui panitia untuk melaksanakan pemberitahuan dan sosialisasi terkait surat edaran Gubernur Kalbar tersebut. “Kami mengharapkan dukungan dan kerjasama dari semua pihak terutama panitia dan pengurus tempat ibadah vihara, keleteng agar berkomitmen untuk mematuhi kebijakan yang telah ditetapkan Gubernur,” harapnya.

Sebab, imbuh Kapolres, kebijakan tersebut sangat penting dan strategis dalam rangka menyikapi situasi pandemi Covid-19 di Kalimantan Barat umumnya dan Kabupaten Mempawah khususnya. “Saat ini, tingkat penyebaran Covid 19 di Indonesia khususnya Kabupaten Mempawah masih berada di Zona Kuning. Namun, kita tetap harus selalu waspada dan mengantisipasi agar penularan tidak semakin memburuk,” tegasnya.

Kapolres memastikan pihaknya akan melaksanakan tupoksi pengamanan di lingkungan masyarakat yang akan melaksanakan ibadah Imlek. Jajaran Polres Mempawah akan menyebar ke seluruh lingkungan masyarakat. “Untuk pelaksanaan tanggal 11-12 Februari 2021, kami dari TNI/Polri tetap akan melakukan pengamanan. Kita ingin pastikan ibadah masyarakat Tionghoa berjalan tertib, aman dan lancar,” pungkasnya.(wah)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!