Hindari Covid-19 Saat Imlek-Cap Go Meh

RAPAT KOORDINASI: Kapolres Sintang dan Asisten bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Sintang saat melakukan rapat koordinasi lintas sektoral pengamanan Imlek dan Cap Go Meh di Aula Kemitraan Polres Sintang, Selasa (9/2).FOTO ISTIMEWA

SINTANG-Polres Sintang menggelar rapat koordinasi lintas sektoral dalam persiapan mengamankan perayaan Imlek dan Cap Go Meh, Selasa (9/2). Berharap hari besar masyarakat Tionghoa itu tidak sampai meningkatkan jumlah kasus Covid-19 di Bumi Senentang.

Di dalam sambutannya, Kapolres Sintang, AKBP Ventie Bernard Musak menyampaikan ucapan selamat merayakan Imlek bagi yang merayakan. Ia pun mengungkapkan, dalam mengantisipasi penyebaran COVID-19 di Kabupaten Sintang, pihaknya akan melaksanakan Operasi Liong Kapuas 2021 yang akan lebih ditujukan pada antisipasi lonjakan kasus Covid-19.

“Dengan adanya surat edaran Bupati Sintang yang mana juga telah disetujui pihak penyelenggara Imlek dan Cap Go Meh, bahwa untuk perayaan-perayaan besar yang sifatnya kegiatan masyarakat dan dapat mengumpulkan masa akan ditiadakan. Serta diganti dengan perayaan secara sederhana seperti melaksanakan ibadah yang mana ini juga akan digelar dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan,” ujar Ventie.

Kata Ventie, Imlek dan Cap Go Meh tahun 2021 ini berbeda sekali dengan perayaan di tahun sebelumnya dikarenakan pandemi Covid-19. Ia pun meminta masyarakat Tionghoa yang khususnya di Kecamatan Sintang dapat memaklumi dan juga mentaati peraturan yang ada.

Untuk pengamanan perayaan Imlek dan Cap Go Meh nantinya, selain dari personil Polres Sintang ada juga dibantu oleh TNI, Satpol PP dan Dinas Kesehatan. “Kita berharap pada perayaan Imlek dan Cap Go Meh khususnya di Kabupaten Sintang nanti tidak ada peningkatan dalam jumlah kasus Covid-19,” ujarnya.

Sementara itu, Asisten Bidang Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang, Syarif Yasser Arafat mengajak agar semua masyarakat untuk memperkuat dan menjaga toleransi dalam keberagaman. “Mari kita rayakan hari raya Imlek dan Cap Go Meh tahun ini dengan penuh suka cita dan hikmat walaupun di tengah pandemi Covid-19 ini. Akan tetapi tetap menjaga protokol kesehatan,” katanya.

Ia menghimbau kepada semua pengurus rumah ibadah untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dalam melaksanakan ibadah pada perayaan Imlek dan Cap Go Meh. Pada perayaan imlek tahun ini, tambah Syarif, pemerintah daerah juga menghimbau supaya tidak melaksanakan pawai naga, atraksi barongsai, tatung dan lain lain agar tidak menimbulkan kerumunan massa pada perayaan Imlek dan Cap Go Meh.

Akan tetapi untuk pemasangan atribut-atribut  lampu lampion tidak dilarang. Sebab itu merupakan ritual budaya dan tradisi. “Namun harus dipasang pada tempat tempat ibadah saja, serta tempat-tempat tertentu dan tidak dipasang di tempat-tempat umum sepeti pada tahun tahun sebelumnya,” pungkasnya.(ris)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!