Hindari Hat-trick Kalah

Olivier Giroud

LONDON – Kalah empat gol oleh Manchester United (12/8) di Premier League lalu kalah adu penalti dari Liverpool di Piala Super Eropa (15/8) membuat pelatih Chelsea Frank Lampard berstatus pesakitan.

Untuk mengembalikan harga dirinya pelatih 41 tahun itu wajib menang di matchweek kedua Premier League. Malam ini (18/8) The Blues akan menjamu Leicester City di Stamford Bridge (siaran langsung Mola TV pukul 22.30 WIB).

Dalam pre match press conference kemarin (17/8) Lampard mengatakan tiga laga Premier League sebelum jeda internasional awal September harus dimenangi. Setelah itu tim bisa berbenah selama dua pekan.

“Perjalanan musim masih panjang dan jika kami bisa mengulang penampilan seperti melawan Liverpool maka semuanya akan baik-baik saja. Kami kalah karena kurang beruntung,” tutur Lampard kepada ESPN.

Sepanjang sejarah Chelsea di ajang Premier League, Gianluca Vialli menjadi pelatih Chelsea yang punya rekor buruk dalam dua laga perdananya sebagai arsitek. Yakni mengalami kekalahan beruntun.

Lampard berkata jelang laga kandang perdananya di Stamford Bridge malam ini, eks pelatih Derby County itu berharap tak ada lagi sorakan rasis kepada para pemainnya. Fans yang melakukan ulah tersebut harus kena sanksi berat dari klub.

Lampard mengecam perlakuan rasis kepada penyerangnya Tammy Abraham di Piala Super Eropa lalu. Kegagalan menjalankan eksekusi penalti sebagai penendang kelima versus Liverpool membuat Abraham dicaci maki pendukung The Blues.

“Saya muak dengan mereka yang menyebut dirinya sebagai fans Chelsea. Tammy (Abraham) meminta kepada saya untuk jadi algojo kelima karena ingin menunjukkan kualitasnya ketika seluruh dunia menyaksikan,” ucap Lampard. “Sementara pada kesempatan yang sama, seseorang yang hanya duduk di belakang keyboard lalu mengirim pesan yang menjijikkan,” tambah Lampard.

Pelatih termuda Premier League musim itu sudah berbicara dengan Abraham terkait cacian rasis yang diterimanya. Dan penyerang yang musim lalu dipinjamkan ke Aston Villa itu menerima dengan besar hati untuk semua umpatan yang diterimanya.

Nah, meski dalam dua pertandingan Chelsea musim ini Abraham belum mencetak gol akan tetapi Lampard tak putus harapan padanya. Menurut Lampard pemain muda seperti Abraham memiliki kemampuan spesial dan pecah telur gol tinggal menunggu waktu.

Dukungan tidak hanya datang dari Lampard. Gelandang antar Chelsea Christian Pulisic kepada Daily Mail mengatakan berada setim dengan Abraham di Chelsea adalah satu momen penting dalam karirnya.

“Kita akan saksikan bagaimana setelah kegagalan itu dia bangkit dan itu menunjukkan betapa dia memiliki karakter yang besar. Ketika dia mencetak gol maka semua kekecewaan fans akan hilang dengan sendirinya,” tutur Pulisic.

Abraham dalam wawancara dengan Football London berkata cacian yang ditujukan padanya sama sekali tak melemahkannya. Malah yang ada pemain 21 tahun itu semakin menguat spirit bertandingnya.

“Semua kawan di tim berkata kalau pemain-pemain besar pernah gagal dalam menjadi algojo penalti. Namun yang paling penting adalah bagaimana reaksimu pasca kegagalan tersebut dan terus angkat kepalamu penuh keyakinan,” tutur Abraham.

Sementara itu, Leicester akan melakoni laga ke-500 di Premier League dalam laga malam ini. Dari 15 tim yang sudah mencapai 500 laga di Premier League, hanya lima tim yang berhasil menang di laga ke-500-nya. Yakni Arsenal, Everton, Tottenham Hotspur, Newcastle, dan Manchester City.

Pelatih Leicester Brendan Rodger kepada Leicester Mercury mengatakan terlepas Chelsea sudah kalah beruntun di Premier League dan Piala Super Eropa namun mereka adalah tim yang sukses finis posisi ketiga dan juara Liga Europa musim lalu.

“Dari prestasi itu saja sudah terlihat betapa bagusnya talenta yang ada dalam tim tersebut. Mereka pasti akan tampil luar biasa sebab laga ini jadi pertandingan kandang pertama dan ditambah kekalahan di dua laga sebelumnya membuat mereka haus menang,” tutur Rodgers.

Eks pelatih Liverpool dan Swansea City itu juga membawa rasa penasaran ketika bermain di Stamford Bridge ini. Dalam 12 pertandingan lawan Chelsea, Rodgers tak pernah menang. Seri enam kali dan kalah enam kali. (dra)

Read Previous

2.759 Napi Dapat Remisi

Read Next

Karhutla Hanguskan SDN 19 Telayar

Tinggalkan Balasan

Most Popular