Hujan Ekstrem dan Angin Kencang Landa Kota Pontianak dan Kubu Raya

Puluhan kendaraan roda dua yang menjadi korban angin kencang di Jalan Ahmad Yani. foto Shando Safela

Pohon dan Baliho Tumbang, Jalan Macet Parah

PONTIANAK—Hujan lebat dan ekstrem dalam jangka waktu sebentar sempat mendera langit Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya, Jumat(21/2) sore. Dampaknya, beberapa pohon di ruas jalan berbeda dan atap rumah warga ikut bertumbangan karena angin kencang. Puluhan motor turut tertimpa pohon di kawasan Jalan Ahmad Yani.

“Hanya untuk angin puting beliung kami belum dapat info dari BPBD ataupun masyarakat. Untuk kecepatan angin sepertinya sangat tinggi,” kata Sutikno, Forecaster BMKG Supadio Pontianak, Jumat(21/2).

Menurut dia, analisis sementara BMKG Supadio Pontianak, langit Kalbar sempat didera hujan lebat, petir dan angin kencang. Cakupan wilayahnya mendera beberapa kabupaten dan kecamatan.
Mulai dari semua wilayah Kota Pontianak, sebagian Kabupaten Kubu Raya (Kecamatan Sungai Raya, Kecamatan Kuala Mandor B, dan Kecamatan Sungai Ambawang) dan sekitar.
Berdasarkan pengamatan BMKG Supadio, hujan dengan intensitas sedang dan lebat disertai petir/guntur beserta angin kencang berdurasi singkat masih berpotensi terjadi. Seberan wilayahnya berada di beberapa kabupaten. Diantaranya Kabupaten Ketapang (Nanga Tayap, Pemahan, Tumbang Titi, Sungai Melayu Rayak, Jelai Hulu, Benua Kayong, Matan Hilir Selatan).
Untuk Kabupaten Melawi (Sokan, Tanah Pinoh, Sayan, Tanah Pinoh Barat, Ella Hilir), Kab. Sintang (Ketungau Tengah, Kayan Hilir, Kayan Hulu, Serawai). Di Kabupaten Kapuas Hulu (Battang Lupar Badau, Puring Kencana, Bunut Hulu, Silat Hulu), Kabupaten Sekadau (Belitang Hulu), Kabupaten Sanggau (Kapuas, Jangkang, Entikong, Balai), Kab. Landak (Ngabang, Jelimpo, Sebangki, Sengah Temila), Kab. Kubu Raya (Kubu), Kota Pontianak dan Kota Singkawang.

Hujan juga dapat meluas ke wilayah Kabupaten Sambas (Selakau), Mempawah (Sungai Pinyuh, Siantan, Mempawah Timur, Mempawah Hilir, Anjongan, Toho, Segedong), Kabupaten Kubu Raya (Teluk pakedai), Kab. Melawi (Menukung) Kab. Sintang (Ambalau), Kabupaten Ketapang (Singkup, Air Upas, Manis Mata, Kendawangan). “Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 18.30 Wib,” ucapnya.

Pantauan Pontianak Post di lapangan, di ruas jalan Ayani 1 misalnya, mulai dari Bundaran sampai ke Museum tampak berantakan karena pohon tumbang. Daun-daun, batang dan akar tampak menyeruak ke jalan-jalan.
Di dekat Mega Mall Ayani Pontianak persisnya di dekat PT.Taspen Persero tampak baliho iklan tumbang alias roboh dikarenakan angin kencang. Di Dekat Polda Kalbar juga pohon ikut tumbang. Dampaknya ruas jalan A.Yani 1 untuk beberapa kilometer ke depan terlihat macet parah.

Kendaraan roda empat dan dua tampak mengular panjang Jumat sore setelah hujan reda. Dipastikan Pemerintah Kota Pontianak bersama elemen masyarakat bahu-membahu membenahi jalan-jalan dari pohon tumbang dan hal lainnya. (den)

error: Content is protected !!