HUT TNI di Semanget BKKBN Beri Layanan KB Gratis

Pemasangan KB gratis diberikan BKKBN Kalbar saat kegiatan Bhakti Sosial TNI di Desa Semanget Kabupaten Sanggau.

ENTIKONG-Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kalimantan Barat pada acara Bhakti sosial HUT 74 TNI Angkatan Darat 2019, di Desa Semanget Kecamatan Entikong Sanggau (29/9), ikut berkontribusi dengan memberikan pelayanan KB gratis pada masyarakat setempat. Upaya pengaturan jumlah anak pada masyarakat adalah tujuannya.

“Momentum HUT 74 TNI ini, BKKBN ikut berkontribusi dengan memberikan pelayanan KB kepada masyarakat setempat. Di sini kami sekaligus mensosialisasikan program Kependudukan dan Keluarga Berencana. Pesertanya juga antusias,” ungkap Kaper BKKBN Kalbar, Kusmana.

Pemberian fasilitas pemasangan KB gratis dilakukan agar masyarakat Desa Semanget dapat mengatur jarak kelahiran antara anak pertama dan ke dua. Upaya ini juga menjaga kesehatan ibu dan anak.

Program tersebut juga sesuai dengan nawa cita Presiden Jokowi di periode ke dua. Yaitu peningkatan Sumber Daya Manusia dimulai dari seribu hari kelahiran. Di mana awal kehidupan manusia kata Kusmana mesti dijaga sejak dalam kandungan.

Sosialisasi tentang program GenRe juga disampaikan dengan sasarannya para remaja. Harapannya, para remaja ini semakin paham tentang sebuah perencanaan saat masuk masa pernikahan. “Jika paham saya yakin ke depan para calon ibu ini akan tumbuh sehat. Diawali dari menyusui lalu merawat bayinya dengan baik merupakan awal peningkatan mutu SDM,” katanya.

Di tahun ini, kegiatan-kegiatan sosialisasi kependudukan dan KB banyak difokuskan di Kampung KB. Khusus wilayah Kalbar sendiri kurang lebih ada 3 ratusan Kampung KB. Harapan ke depan semua desa yang dicanangkan sebagai Kampung KB bisa menjadi desa mandiri. “Pelan tapi pasti sekarang menuju ke sana. Beberapa diantaranya bahkan sudah menjadi desa berkembang. Dari yang mulanya desa tertinggal, terpencil dan perbatasan. Ini akan terus kami dorong. Sinergi mulai dari tingkat provinsi dan daerah terus diperkuat menuju Indonesia sehat,” ungkapnya.

“Terima kasih kepada BKKBN Kalbar yang ikut berkontribusi dikegiatan ini dengan memberikan pelayanan KB gratis pada masyarakat Desa Semanget,” ungkap Pangdam TNI XII Tanjung Pura Mayjen Nurahman.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan Karya Bhakti merupakan wujud kepedulian TNI kepada masyarakat. Dalam kegiatan ini TNI juga sekaligus membangun soliditas dan perekat dengan Pemda dan komponen masyarakat yang selama ini telah dibina dengan baik. “Ini merupakan implementasi nyata TNI dengan masyarakat Kalbar. Bhakti sosial ini difokuskan pada kegiatan masyarakat. Seperti pengobatan gratis, pemeriksaan gigi, pelayanan KB dan pembagian sembako,” ungkapnya.

Pesan dirinya kepada masyarakat supaya menjadikan momen ini sebagai wadah silaturahmi antar sesama.(iza)

loading...