Ikuti … Kompetisi Film Pendek Jejak Wali di Nusantara

Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalbar menggelar kompetisi film pendek Islami. Bertajuk Jejak Wali di Nusantara, kompetisi ini digelar untuk peserta usia 12-35 tahun, warga negara Indonesia yang berdomisili di Kalbar.

Pendaftaran karya telah dibuka sejak 14 Juli sampaidengan 14 Agustus 2020. Link pendaftaran penaiszawakalbar@gmail.com. Diunggah di Instagram Penais Zawa Kemenag kalbar ##IslamicShortMovieCompetitionBimasIslam.

Ridwansyah, Kepala Kantor Wilayah Kemenag Kalbar mengatakan, kompetisi ini dalam rangka untuk pengembangan seni budaya.

“Seni budaya bagian dari budaya nasional dan aset bangsa. Untuk itu keberadaan perlu dijaga, diberdayakan, dibina, dilestarikan, dan dikembangkan,” jelasnya.

Film pendek yang dihasilkan, diharapkan mengandung promosi, imbauan, seruan atau informasi sesuai dengan tema yang telah ditentukan. Secara keseluruhan, film ini berisikan mengenai seni budaya Islam yang dikemas menarik, komunikatif, dan inspiratif.

“Tidak mengandung pesan negatif atau menyimpang dari norma dan tidak bersifat radikal,” tambahnya.

Durasi film 15 menit, menggunakan alat yang memadai dalam proses produksi. Film yang diikut sertakan dalam kompetisi boleh diunggah di media sosial dengan tagar#IslamicShortMovieCompetitionBimasIslam.

Ketentuan lainnya, film belum pernah diikutsertakan dalam kompetisi apapun, menggunakan teks bantu Bahasa Indonesia, jika film menggunakan bahasa daerah. Penggunaan materi musik, atau film yang memiliki hak cipta karya orang lain harus melampirkan surat izin.

Pelanggaran terhadap ketentuan ini menjadi tanggung jawab peserta. Film yang dikompetisikan menjadi hak milik Dirjen Bismas Islam.

Kriteria penilaian yang diberikan berdasarkan keaslian atau original film bukan merupakan plagiat, kesesuaian isi dengan tema Jejak Wali di Nusantara, kekuatan pesan, kreativitas, teknis visualisasi. Keputusan dewan juri bersifat final dan mengikat. Serta tidak dapat diganggu gugat. (mrd)

error: Content is protected !!