Incar Komisi “Basah” di DPRD Kalbar

PONTIANAK—Setelah merampungkan pembentukan delapan Fraksi DPRD Kalimantan, partai politik peraih pemenang Pemilu Legislatif (Pileg) juga bekerja cepat merampungkan pembentukan Alat Kelengkapan Dewan lain yang tak kalah penting berupa Komisi-Komisi. Setidaknya ada lima Komisi yang akan dibentuk guna menyempurnakan tugas para wakil rakyat periode 2019-2024.

Itu dikatakan Wakil Ketua DPRD Kalbar sementara, Edy R. Yacoub di Pontianak. “Sudah disepakati dan diperkirakan akan dibentuk lima Komisi di DPRD Kalbar,” katanya kemarin.

Menurutnya untuk Komisi-Komisi di DPRD Kalbar yang akan dibentuk berdasarkan hitungan angka bukan huruf abjad. ”Angka 1, 2, 3, 4 dan 5. Jadi dari Komisi I sampai Komisi 5. Hanya siapa saja Ketua dan Sekretaris belum disepakati fraksi-fraksi di DPRD Kalbar,” ucapnya.

Penelurusan Pontianak Post, Fraksi-Fraksi pemenang pileg dikabarkan memang bergerilya menempatkan kader-kadernya untuk memimpin Komisi-Komisi. Fraksi PDI Perjuangan, Golkar, Nasdem, Gerindra termasuk Fraksi Demokrat mengincar Komisi basah. Kabarnya juga fraksi seperti PAN, PKB plus Hanura,PKPI, Perindo dan fraksi Gabungan PKS+PPP ikut mengincar posisi Ketua-Sekretaris Komisi.

”Belum tahu. Nanti rasionalitas hitungannya berdasarkan Tata Tertib (Tatib) atau kesepakatn. Nanti lihat saja,” kata mantan Wakil Walikota Singkawang ini.

Lima Komisi di DPRD Kalbar diantaranya Komisi I membidangi Pemerintahan dan Hukum mencakup (Pemerintahan Umum, Ketentraman dan Ketertiban, Otonomi Daerah, Pengawasan, Organisasi Kemasyarakatan, Kesatuan Bangsa, Perlindungan Masyarakat dan Sosial Politik, Kependudukan, Hubungan Manusia, Perizinan, Pertanahan, Statistik, Pemadam Kebakaran, Kepegawaian/Aparatur, Kerjasama Luar Negeri dan Dalam Negeri, Pendidikan dan Pelatihan, Pemilihan Umum dan Pemilihan Umum Kepala Daerah, Kesekretariatan DPRD. Sementara Mitra kerjanya yakni Biro Pemerintahan, Biro Organisasi, Biro Umum, Biro Hukum, Biro Humas dan Protokol, Inspektorat Provinsi Banten, Badan Koordinasi Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu, Badan Kepegawaian Daerah, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Badan Pendidikan dan Pelatihan,Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah, Sekertariat DPRD,Kantor Satuan Polisi Pamong Praja, Kantor Penghubung, Komisi Informasi Publik, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah, Komisi Pemilihan Umum Daerah.

Komisi II Membidangi Perekonomian membidangi (Perindustrian dan Perdagangan, Koperasi dan UMKM, Pertanian, Ketahanan Pangan, Peternakan, Kelautan dan Perikanan, Perkebunan, Kehutanan, Logistik, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) dengan mitra kerja Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak), Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun, Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Biro Ekononomi dan Pembangunan (Biro Ekbang),Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), dan Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan (BKPP).

Sementara, Komisi III Membidangi Keuangan dan Aset mencakup (Keuangan Daerah, Pengelolaan Aset Daerah, Pendapatan Daerah dan Pelayanan Pajak, Administrasi Keuangan Daerah, Perbankan, Badan Usaha Milik Negara yang ada di daerah, Dana Dekonsentrasi dan Tugas Pembantuan).

Mitra kerjanya sendiri yakni Biro Perlengkapan dan Aset, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Badan Koordinasi Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (Penanaman Modal), Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Daerah, dan BUMD.

Komisi paling diincar yakni Komisi IV membidangi Pembangunan Infrastruktur mencakup (Kebinamargaan, Penataan Ruang, Pekerjaan Umum, Perencanaan Pembangunan Daerah, Pengelolaan Daerah Aliran Sungai, Irigasi, Perhubungan, Komunikasi dan Informatika, Pertambangan dan Energi, Perumahan Rakyat, Lingkungan Hidup). Mitra kerjanya sendiri Dinas PUPR, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo), Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben), Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda), Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD), Biro Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang).

Untuk Komisi V bidang Kesra mencakup (Agama, Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Kesehatan, Keluarga Berencana, Pemberantasan Penyakit Menular dan Kejadian Luar Biasa, Ketenagakerjaan, Kepemudaan dan Olah Raga, Kebudayaan, Sosial, Peranan Wanita, Transmigrasi, Museum dan Cagar Budaya, Perpustakaan, Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Perlindungan Anak, Penanggulangan Bencana Alam). Mitra kerjanya sendiri yakni ke Dinas Kesehatan (Dinkes), Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Soedarso, Dinas Sosial (Dinsos), Biro Kesejahteraan Rakyat (Biro Kesra), Dinas Pendidikan, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (BPAD), Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat Desa (BPPMD).

Selain memperebutkan Komisi-Komisi “basah” di DPRD Kalimantan Barat, Alat Kelengkapan Dewan (AKD) lainnya berupa Badan Kehormatan (BK), Badan Anggaran (Banggar), Badan Legislasi (Banleg), Badan Musyawarah (Banmus), termasuk Badan Pembentukan Perda (Bapemperda) juga jadi incaran Fraksi-Fraksi di DPRD Kalbar. ”Tergantung tarik ulur kebijakan seperti apa. Kami (Fraksi PKB) juga mengincar AKD,” kata Sueib anggota DPRD Kalbar dari Partai Hanura.

Nah, untuk pimpinan DPRD Kalbar posisi Wakil Ketua Definiti sendiri sudah diketahui. Bahkan SK dari Parpol masing-masing sudah keluar. Fraksi Golkar sendiri dipercayakan kepada Prabasa Anantatur sebagai Wakil Ketua I. Fraksi Nasdem mempercayakan Syarif Amin Muhammad sebagai Wakil Ketua II, dan Fraksi Gerindra dikukuhkan kembali petahana Suriansyah sebagai Wakil Ketua II). Hanya kursi Ketua DPRD Kalbar dari Fraksi PDI Perjuangan masih misteri. “Waduh belum tahu. Siapapun diperintahkan partai dan DPP, dialah yang terbaik dan harus siap,” kata Angeline Fremalco anggota DPRD Kalbar terpilih dari Dapil Kalbar 5, Kabupaten Landak ini. Beredar kabar bahwa petahana M. Kebing L, Angeline Fremalco dan Martinus Sudarno punya kesempatan sama besar.(den)

Read Previous

Paket Murah Wisata Randayan

Read Next

Wakil Walikota Singkawang Resmikan Satu FIFGROUP Bagi Negeri

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *