Ingatkan Bendahara Kewajiban Perpajakan

SOSIALISASI: Kepala KP2KP Mempawah  Muhammad Arief Yusfar sedang memberikan sosialisasi kepada bendahara. IST

MEMPAWAH—Kantor Pelayanan, Penyuluhan, dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Mempawah memberikan sosialisasi kepada 28 bendaharawan di lingkungan Pemkab Mempawah.
“Kami menyosialisasikan mengenai kewajiban pajak bendahara pemerintah, mungkin terkait ketentuan tidak banyak ada perubahan dari yang sebelumnya, hanya ada beberapa tambahan yang kami sampaikan,” kata Kepala KP2KP Mempawah  Muhammad Arief Yusfar.

Acara yang dihelat di Aula KP2KP Mempawah, Selasa (11/2), berlangsung selama dua hari.
Ia menambahkan, mengapa pajak diwajibkan bagi warga negara Indonesia karena saat ini hampir 80% tumpuan pembiayaan negara bersumber dari pajak, sehingga pemerintah sangat menekankan sekali penerimaan negara dari sektor pajak. “Jadi bendahara ini secara pribadi diberi tugas untuk mengadministrasikan uang negara, membelanjakan dan juga mencatatnya,” jelas Arief mengenai tugas dan tanggung jawab bendahara.

Arief juga menjelaskan mengenai kewajiban pemotongan atau pemungutan pajak, penyetoran pajak dan pelaporan pajak bagi bendahara. “Idealnya setelah memotong/memungut terus kemudian disetor terus jangan lupa melaporkan pajak yang sudah disetor melalui SPT Masa pasal 21, pasal 22, dan pasal 23,” katanya. Arief berharap setelah sosialisasi para bendahara tidak bingung lagi mengenai kewajiban perpajakannya. (r/*)

loading...