Ingatkan Kesadaran Individu Berkotribusi Putus Mata Rantai Penyebaran Covid-19

Pangdam XII Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad turut menghadiri dan memberikan sambutan Webinar Gerakan Bersama Penerapan Protokol Kesehatan (Protkes) di Rumah Ibadah dari Ruang Rapat Puskodalopsdam XII Tanjungpura.

SUNGAI RAYA – Panglima Kodam XII Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad kembali mengingatkan virus Corona SARS-CoV-2 merupakan virus yang menyerang sistem pernapasan. Menurutnya, Penyakit karena infeksi virus ini disebut Covid-19 yang bisa menyebabkan gangguan ringan pada sistem pernapasan, infeksi paru-paru yang berat, hingga kematian.

“Penularan virus Corona bisa terjadi pada siapa saja. Oleh karena itu, disiplin menerapkan protokol kesehatan merupakan langkah yang tepat untuk mencegah penyebaran dan melindungi diri dan keluarga dari Covid-19,” kata Muhammad Nur Rahmad, Kamis (6/5) saat memberikan sambutan dalam Webinar Gerakan Bersama Penerapan Protokol Kesehatan (Protkes) di Rumah Ibadah dari Ruang Rapat Puskodalopsdam XII Tanjungpura.

Dalam upaya mengoptimalkan penanganan dan mencegah penyebaran Covid-19, kata Muhammad Nur Rahmad, sejak awal, Kodam XII Tanjungpura juga telah melaksanakan kegiatan pembekalan protokol kesehatan baik di lingkungan sekolah, perkantoran, sentra ekonomi, perbankan, tempat wisata dan rumah ibadah yang bertujuan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Webinar kali ini digelar oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat. Dengan keynote speaker Gubernur Kalbar H. Sutarmidji dan narasumber Staf Khusus Kemenag RI, M. Nuruzzaman, Kadinkes Kalbar, dr. Harisson dan Ketua MUI Kalbar, Drs. HM. Basri.

Sedangkan seminar online ini diikuti oleh para Kepala Kementerian Agama Kab/Kota, Dewan Masjid Indonesia, para Pimpinan Majelis Agama, Pimpinan Pondok Pesantren, Kasi Bimas Islam, Kepala Madrasah dan KUA se-Kalbar.

Dikesempatan yang sama, Muhammad Nur Rahmad menambahkan saat ini Gubernur Kalimantan Barat telah memberlakukan PPKM skala mikro di seluruh wilayah. Menurutnya, sebagai organisasi yang berwawasan kebangsaan tentunya harus mendukung dan jadi suri tauladan dalam penegakan protokol kesehatan guna mempercepat penanggulangan penyebaran Covid-19.

Dia menegaskan, keberhasilan untuk memutus mata rantai penularan Covid-19 berawal dari kesadaran masing-masing individu agar disiplin melaksanakan protokol kesehatan dalam setiap aktivitas.
“Jika masing-masing individu disiplin menerapkan protokol kesehatan, maka dalam keluarga dan masyarakat secara menyeluruh akan segera terbebas dari Covid-19,” tegasnya.

Jenderal Bintang Dua ini kembali mengingatkan, saat ini umat Islam sedang menjalankan ibadah puasa dan beberapa hari lagi akan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 H. Tentunya hal tersebut menjadikan perhatian bersama agar kegiatan keagamaan dapat dilaksanakan dengan tertib dan aman serta mematuhi protokol kesehatan.

“Saya sangat mendukung kegiatan Webinar ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian kita untuk mendiskusikan permasalahan penyebaran Covid-19 khususnya di rumah ibadah, serta sebagai instrument negara dalam penegakan disiplin protokol kesehatan yang harus dilaksanakan guna terciptanya kondisi yang kondusif,” ucap Muhammad Nur Rahmad. (ash)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!