Ingatkan Petani Waspadai Pupuk Palsu

petani

TANAM: Para petani di Desa Tubangraeng Kecamatan Ngabang menanam benih padi di sawahnya, beberapa waktu lalu. Para petani diimbau mewaspadai peredaran pupuk palsu. MIFTAH/PONTAINAKPOST

NGABANG – Para petani diminta untuk mewaspadai peredaran pupuk palsu di Landak. Pemerintah Kabupaten Landak pun melalui tim pengawasnya berusaha terus memastikan pengawasan penyaluran pupuk bersubsidi dengan terus memperbaiki model penyalurannya.

Sekretaris Dinas Pertanian Perikanan Dan Ketahanan Pangan (DPPKP) Ever Apat Kabupaten Landak mengatakan, pemerintah menyadari akan pentingnya peranan pupuk dalam peningkatan produksi hasil pertanian. Dan dalam menghadapi pesatnya perkembangan rekayasa formula pupuk, pemerintah berkepentingan untuk mengatur penyediaan pupuk yang memenuhi standar mutu dan terjamin efektivitasnya.

“Pengawasan pupuk perlu dilakukan untuk menghindari terjadinya berbagai permasalahan yang timbul akibat peredaran pupuk yang tidak terdaftar termasuk peredaran pupuk palsu,” kata Ever akhir pecan lalu.

Untuk itu, kata Ever pemerintah masih terus mensosialisasikan pedoman pelaksanaan pengawasan bagi petugas pengawas. baik ditingkat Pusat, tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota.

Ever juga menegaskan bahwa keberhasilan program ketahanan pangan serta meningkatnya produktivitas pertanian salah satunya ditentukan oleh sarana produksi pertanian terutama ketersediaan pupuk di tingkat petani karena pupuk merupakan sarana produksi pokok yang diperlukan oleh pelaku kegiatan usaha tani.

“Untuk mencegah terjadinya penyimpangan dan dampak negatif dari peredaran dan penggunaan pupuk, maka perlu dilakukan pengawasan di tingkat pengadaan, peredaran, penggunaan pupuk secara terkordinasi antara pusat dan daerah serta antar instansi terkait di bidang pupuk,” pungkasnya. (mif)

Read Previous

Permudah Kucurkan Bantuan KPM dengan BPNT

Read Next

Menghormati Orang Tua

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *