Ini Nama-Nama Bacalonkada Dari Gerindra

PONTIANAK—Seperti partai lain, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) sudah mengantongi nama-nama Bakal Calon Kepala Daerah (Bacalonkada) yang akan bertarung pada Tujuh Pilkada Serentak tahun 2020 mendatang. Nama-nama yang dipersiapkan untuk diusung, selain dari unsure internal partai juga luar partai politik.

Beberapa nama bahkan sudah masuk kantong. ”Memang kemungkinan nama-nama tersebut bisa saja berubah, mengingat pada waktu pengajuan sampai pencalonan jenjang waktunya masih lama,” ungkap Suriansyah, Ketua DPD Partai Gerindra Kalbar, baru-baru ini.

Menurut Suriansyah, nama-nama yang bakalan diusung Gerindra, di antaranya adalah dan pasti yakni Hamdi Ja’far merupakan anggota DPRD Kabupaten Kapuas Hulu dari Partai Gerindra.

“Gerindra sudah sepakat mencalonkan Hamdi Ja’far sebagai Bacalon Bupati Kapuas Hulu. Namun mengenai siapa yang akan menjadi Bacalon Wabup, masih dalam proses dan pematangan. Artinya masih dalam pembicaraan lebih lanjut,” ujarnya.

Di Kabupaten Kapuas Hulu, Partai Gerindra hanya memiliki 3 kursi di DPRD dengan sebutan Uncak Kapuas ini. 3 Kursi tersebut merupakan hasil Pileg 2019 sebelumnya. Berdasarkan aturan main, Gerindra harus berkoalisi dengan partai lain untuk dapat mengusung Bacalonkada Kapuas Hulu.

“Ya, kami harus berkoalisi. Ini sedang dimatangkan,” tuturnya.
Untuk Pilkada Kabupaten Sintang, Partai Gerindra memang masih menunggu beberapa keputusan. Hanya nama sementara menguat di Gerindra untuk Bacalonkada Bupati adalah petahana Wabup Askiman.

Khusus Kabupaten Melawi, Gerindra tengah menyiapkan langkah dan strategis mengusung figure paling kuat yakni Firman Muntaco, Bupati Melawi periode sebelumnya. “Kemungkinan Gerindra akan mengawal dan mengusung pak Firman Muntaco untuk maju di Melawi,” ucapnya.

Sementara di Pilkada Kabupaten Sekadau, Gerindra kemungkinan besar mengusung Aron sebagai Bacalon Bupati. Untuk di Kabupaten Sambas, Gerindra belum memutuskan siapa yang akan diusung. ”Masih dalam proses pematangan,” ucap Wakil Ketua DPRD Kalbar dari Dapil Sambas ini.

Nah, untuk Pilkada Kabupaten Bengkayang dengan Kabupaten Ketapang, Gerindra masih dilemma dihadapkan pada masing-masing dua pilihan, dan masih sama-sama kuat. Untuk Kabupaten Ketapang nama Bacalonkada kuat diantaranya Martin Rantan dan Junaidi.

“Di Kabupaten Bengkayang juga masih belum final antara sosok Darwis atau Kajot. Kedua nama ini masih berkembang,” jelasnya.

Nama-nama Bacalonkada pada 7 kabupaten di Kalbar ini memang sudah sampai ke tangan DPP Gerindra di Jakarta. Proses penetapannya sudah berjalan. “DPP Gerindra sendiri tentunya sedang mencermati siapa yang akan diusung,” tukas dia.(den)

Nama-Nama Bacalonkada Partai Gerindra

1. Pilkada Kapuas Hulu (Hamdi Ja,far)
2. Pilkada Sintang (Petahana Askiman)
3. Pilkada Melawi (Firman Muntaco)
4. Pilkada Sekadau (Aron)
5. Pilkad Sambas (?)
6. Pilkada Ketapang (Martin atau Junaidi)
7. Pilkada Bengkayang (Darwis atau Kajot)

loading...