Ini Pentingnya Kenalkan Olahraga Sejak Dini

Aiman Arief

Oleh: Aiman Arief

Olah raga adalah kegiatan yang sangat penting. Dengan berolahraga tubuh kita akan menjadi sehat dan bugar. Aktivitas ini juga dipercaya bisa mengurangi tingkat stres karena olah raga memiliki manfaat hiburan.

Olahraga sangat baik untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh, termasuk bagi anak dan orangtua. Bahkan semakin dini seseorang mengenal olahraga, ia akan semakin terbiasa melakukannya saat dewasa nanti.

Jelaskan kepada anak akibat malas berolahraga. Seseorang yang jarang berolahraga biasanya akan cenderung lebih mudah sakit. Karena salah satu manfaat berolahraga adalah meningkatkan kekebalan tubuh.

Ajarkan kepada anak agar tekun berolahraga. Olah raga juga bisa meningkatkan keterampilan berkonsentrasi anak. Anak yang rajin berolahraga akan lebih bisa memperhatikan pelajaran di sekolah dengan baik. Seperti kata pepatah, “Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat.”

Dengan berolahraga maka tubuh anak akan menjadi lebih sehat. Bila tubuh sehat dan bugar, maka ia akan menjadi lebih bersemangat dalam belajar.

Adapula manfaat yang tidak kalah penting yaitu, membantu menentukan target. Dalam olahraga, target akhir yang ingin dicapai adalah membawa pulang piala kejuaraan. Memenangkan turnamen, dan mencetak skor maksimal. Namun, sebelum meraih itu semua, para pemain harus menguasai teknik dasar dan keterampilan olahraga. Melalui proses ini, olahraga memberikan pengalaman berharga bagi anak-anak untuk menentukan tujuan jangka panjang dan pendek dalam hidup mereka.

Mengenalkan tokoh-tokoh berprestasi di bidang olahraga juga penting. Perkenalkan kepada anak tentang tokoh-tokoh berprestasi di bidang olah raga. Seperti Daud Yordan, petinju asal Kayong Utara yang belum lama ini sukses meraih juara. Ada banyak tokoh berprestasi di bidang olah raga.

Dengan berprestasi di bidang olahraga, tokoh-tokoh itu tidak hanya mendapatkan banyak uang, namun juga ikut serta dalam mengharumkan nama bangsa. Dengan prestasi para olahragawan, nama negara menjadi lebih dikenal di seluruh dunia.

Tujuan lainnya, agar anak-anak semakin merasakan manfaat berolahraga dan semakin mengenal aneka olahraga. Beberapa contoh olahraga yang digemari oleh anak-anak adalah kasti, balap lari, boling, lompat jauh, dan lainnya. Agar anak-anak semakin bersemangat untuk melakukan kegiatan olah raga, kita perlu mengemas kegiatan ini menjadi kegiatan yang menarik. Misalnya membuat kegiatan ini sebagai ajang lomba untuk mendapatkan hadiah yang menarik. Peralatan yang digunakan pun perlu digunakan semenarik mungkin. Misalnya, saat bermain boling, kita bisa membuatkan media bermainnya dengan botol bekas yang dihias dengan kertas berwarna-warni.

Mengingat pentingnya kegiatan ini, maka kita perlu mengenalkan kepada anak-anak aneka olah raga. Hal ini sangat penting, agar bila ada anak yang tidak suka dengan suatu olahraga tertentu, maka ia bisa memilih olahraga lain sebagai olahraga favoritnya. Anak-anak yang sudah memiliki suatu olahraga favorit pun akan menjadi semakin mengenal olahraga-olahraga lainnya.

Zaman sudah semakin maju. Kepedulian pemerintah dalam bidang olahraga pun semakin besar. Banyak orang menjadi sukses karena prestasinya di bidang olahraga. Orang tua juga perlu mendukung buah hatinya yang gemar berolahraga atau memiliki cita-cita menjadi seorang olahragawan. Untuk menambah minat anak di bidang olahraga, orang tua bisa mengenalkan kepada buah hatinya aneka olahraga yang dikenal di seluruh dunia.**

*Penulis adalah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Prodi Ilmu Administrasi Publik di Universitas Tanjungpura (E1012191049)

Read Previous

Nikah Massal Bersama IKI Di Kabupaten Landak

Read Next

Budak Jeruju Berlaga di Sea Games 2019 Filipina

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *