Ini Resep Duet Ruben Onsu-Jordan Onsu Sukses Bisnis Kuliner

Kakak beradik Ruben Onsu dan Jordi Onsu fokus bisnis kuliner dan terus ekspansi (Istimewa)

Duet kakak adik selebriti, Ruben Onsu dan Jordi Onsu makin sukses di dunia kuliner. Mereka kini terus melebarkan sayap usahanya dari mulai menu ayam geprek hingga bakso, dan terus membuka cabang di mana-mana. Terakhir, sang adik, Jordi Onsu juga fokus membuka gerai rumah makan Sunda.

Saat merayakan ulang tahun pertama Bensu Bakso, Kamis (7/11), mereka membagi-bagi rezeki kepada pedagang bakso lainnya dengan ikut mengundang para penjual bakso. Ruben Onsu mengungkapkan rencananya ke depannya dalam mempertahankan bisnisnya.

“Karena agendanya sampai tutup tahun ini saya sudah terencana, entah tahun 2020 apa yang mau saya lakukan dengan usaha saya. Dari beberapa perusahaan yang saya pegang kan ada ayam, bakso, masakan Sunda, itu semuanya masing-masing satu tahun itu punya rencana dan apa yang mau saya lakukan itu, saya nanti lihat di agenda buat tahun depan,” kata Ruben Onsu kepada wartawan.

Ruben menjelaskan masing-masing menu yang dijualnya mempunyai pasarnya sendiri. Khusus bakso, tentu berbeda dengan pasar ayam geprek dan nasi yang barangkali lebih disantap tiap hari.

“Bakso itu beda seperti kita jual nasi. Enggak semua orang setiap hari makan bakso, enggak semua orang setiap hari beli mi ayam. Tapi kalo nasi setiap orang pasti makan nasi, itu perbedaanya. Kadang orang bilang hujan paling enak makan bakso nih, tapi ternyata ada beberapa kali hujan kami malah enggak bagus, enggak tentu,” papar Ruben.

Sementara itu Jordi Onsu menjelaskan untuk usaha baksonya tahun depan akan ada inovasi baru agar konsumen bisa lebih dimudahkan lagi dan usahanya makin laris. Intinya, kata Jordi, bukan target memperbanyak cabang sebanyak-banyaknya, terapi tetap pada inovasi dan kualitas.

“Lebih ke inovasi sih, karena toko belum tentu bisa menambah omzet. Belum tentu bisa menambah datangnya customer ke toko juga. Dan harus riset yang betul-betul matang,” kata Jordi.

Tetap Kompak dan Jarang Selisih Paham

Meski berkolaborasi dalam berbisnis, kakak beradik ini tak pernah berselisih paham. Keduanya saling memberi masukan dan memberi ide.

“Kalau selisih paham sih jarang karena rata-rata imajinasi ada yang datang dari saya atau imajinasi yang datang dari Jordi. Kalau bantah-bantahan kecil itu pasti. Bantahan-bantahan kecil itu lebih ke resiko, resiko yang dilakukan begini-begini,” jelas Ruben.

Jordi menambahkan mereka selalu kompak dalam mencari ide dan bukan menjadi follower. Dan mereka berdua berharap kuliner Indonesia tetap berjaya di negeri sendiri.

“Ya mudah-mudahan kuliner Indonesia punya tempat di negara sendiri dan lebih menjadi prioritas utama untuk makanan-makanan Indonesia dan para penjual pun harus bisa memberikan inovasi, supaya para pembeli tidak bosan untuk makan menu yang itu-itu saja,” tutup mereka berdua.

Editor : Kuswandi

Reporter : Marieska Harya Virdhani/Jawa Pos

Read Previous

Kesal Jalan Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Galang Dana Sendiri

Read Next

Manjakani Lepas Masa Lajang

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *