Inisiatif Kepemimpinan Pembelajaran, Memotivasi Siswa Belajar di Rumah

Yakobus, S.Pd., MM.

Penulis Yakobus,S.Pd,MM

PERUBAHAN sistem belajar mengajar dari tatap muka menjadi online ternyata membuat sebagian siswa merasa bosan belajar di rumah. Pernyataan tersebut terbukti dari survei yang dilakukan Deputi Tumbuh Kembang Anak dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Mereka menemukan dari 4.000 anak, sebanyak 50 % di antaranya mengalami kebosanan selama belajar di rumah.

Dalam pembelajaran online, peserta didik dapat menjadi kurang aktif dalam menyampaikan aspirasi dan pemikirannya, sehingga dapat mengakibatkan pembelajaran yang menjenuhkan. Seorang siswa yang mengalami kejenuhan dalam belajar akan memperoleh ketidakmajuan dalam hasil belajar. Oleh karena itu, diperlukan pendorong untuk menggerakkan  siswa agar semangat belajar  dapat meningkat serta memiliki prestasi belajar. Semangat belajar dapat dimiliki dengan meningkatkan motivasi belajar dengan inisiatif dari seorang pemimpin pembelajaran agar kejenuhan peserta didik akan dapat terobati.

Motivasi belajar adalah sebuah penggerak atau pendorong yang membuat seseorang akan tertarik kepada belajar sehingga akan belajar secara terus-menerus. Motivasi yang rendah dapat menyebabkan rendahnya keberhasilan dalam belajar sehingga akan merendahkan prestasi belajar siswa. Oleh karena itu, dimasa Covid-19 ini, pemimpin pembelajaran diharapkan memiliki kreativitas dan inisiatif bagaimana cara meningkatkan motivasi belajar siswa. Dan perlu diketahui bahwa pembelajaran jarak jauh (PJJ) tidak selalu belajar secara Daring, tetapi ada juga dengan cara Luring, misalkan dalam satu kelas terdiri dari 36 orang yang memiliki faslilitas Hand Phone sebanyak 28 orang, artinya 8 orang tidak memiliki HP. Agar pembelajaran tersebut dapat berjalan lancar maka langkah yang diambil oleh pemimpin pembelajaran untuk model daring dengan memanfaatkan fasilitas Virtual secara Zoom, dan untuk siswa yang tidak memiliki fasiltas HP tersebut, maka pihak satuan pendidikan bisa menjalankan strategi dengan mengantar materi ke zona zona yang telah di sepakati secara bersama untuk mengambil tugas tugas yang diberikan oleh pihak sekolah.

Belajar interaktif merupakan suatu metode yang menekankan pada keterlibatan siswa dengan siswa, siswa dengan pengajar, juga siswa dengan materi. Guru hanya membantu pelajar untuk mengikuti aktivitas tersebut dan guru tidak hanya sekedar menyampaikan materi dan informasi saja, melainkan memberikan kesempatan terhadap peserta didik mencari sendiri dan mereka bisa membangun definisi mereka sendiri.

berdasarkan artikel Ferismayanti, M.Pd yang berjudul “ Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Online Akibat Pandemi COVID-19”, ada lima dampak Dampak Motivasi Belajar yang Rendah dapat menyebabkan rendahnya keberhasilan antara lain ; Tidak antusias dalam belajar, Lebih senang berada diluar kelas atau membolos, Cepat merasa bosan,  Mengantuk dan  pasif .

Pembelajaran Online memiliki beberapa dampak postif bagi siswa karena siswa dapat belajar dimana saja dan kapan saja. Akan tetapi, ada permasalahan yang dapat mengganggu proses pembelajaran online yaitu siswa memiliki motivasi belajar yang kurang ketika menjalankan pembelajaran online, padahal Motivasi belajar adalah hal penting dalam proses belajar.

Motivasi dalam belajar memiliki peran untuk menumbuhkan rasa senang, gairah, dan semangat untuk belajar. Dengan demikian, Kurangnya motivasi belajar pada pembelajaran online disebabkan pada proses pembelajaran online, siswa dapat menjadi kurang aktif dalam penyampaian pendapat dan pemikirannya, sehingga menyebabkan proses belajar yang membosankan. Apabila siswa mengalami kebosanan dalam belajar maka akan memperoleh ketidakmajuan dalam hasil belajar. Oleh karena itu, diperlukan pendorong untuk menggerakkan siswa agar semangat untuk belajar dan memiliki prestasi. Akhirnya pemimpin pembelajaran adalah faktor dominan dalam penentuan kualitas pembelajaran. Pembelajaran yang memiliki kualitas yang baik, akan menghasilkan hasil belajar yang baik pula.

*Kepala SMAN 1 Menjalin, Kabupaten Landak

error: Content is protected !!