Insiden Maut dari F2

kecelakaan f2
Mengheningkan Cipta: Keluarga, abang, ibu, anggota team dan kawan-kawan dari pembalap F2 Anthoine Hubert, mengheningkan cipta atau a minute's silence atas meninggalkan Hubert akibat kecelakaan di sirkuit Spa Franchorchamps (31/8). , JOHN THYS / AFP

STAVELOT, -Tabrakan maut terjadi pada balapan Formula 2 GP Belgia di sirkuit Spa Franchorchamps kemarin. Pembalap BWT Arden Anthoine Hubert tewas pasca mobilnya terlibat insiden dengan pembalap Sauber Junior Team By Charouz Juan Manuel Correa di tikungan Eau Rouge. Mobil Hubert hancur ditabrak Correa yang melaju dalam kecepatan 273 km per jam.

Akibat insiden tersebut balapan yang berlangsung sesaat pasca kualifikasi Formula 1 rampung itu tidak diteruskan. Terhenti di lap kedua. Satu jam setelahnya, Federation Internationale de l’Automobile (FIA) mengeluarkan kabar duka tersebut.

“Dengan sangat menyesal, FIA mengumumkan, akibat cedera pada kecelakaan tersebut pembalap dengan nomor mobil 19, Antoine Hubert telah meninggal pada pukul 18.35 (waktu setempat)” tulis FIA dalam rilis resmi mereka dilansir BBC.

Hubert meninggal di usia 22 tahun. Pembalap asal Prancis itu juga merupakan anggota Renault F1 Young Driver Programme. Dia kini sedang bertengger di peringkat delapan klasemen pembalap.
Dalam delapan balapan seri pertama musim ini, Hubert sukses meraih dua kemenangan di Monako dan Prancis. Renault menyebut Hubert sejatinya tinggal selangkah lagi menembus skuad F1. “Senyum dan pribadinya yang hangat telah menyinari tim pembalap muda kami selama ini,” tulis Renault.

Insiden maut tersebut berawal dari manuver tidak sempurna pembalap Trident Giuliano Alesi. Pasca melibas tikungan Eau Rouge, mobilnya terpelanting ke kiri. Dia lantas berusaha kembali ke lintasan. Akibatnya, Dorian Boccolacci yang saat itu ada di belakang Alesi melakukan pengereman mendadak untuk mencegah tabrakan.

Boccolacci berhasil tidak menyentuh mobil dari Alesi. Namun tidak untuk Hubert yang datang dari belakang Boccolacci. Demi menghindari mobil Boccolacci, Hubert membanting setir ke kanan. Akibatnya, mobilnya menabrak dinding pembatas. Naas, sesaat pasca mobil Hubert membentur dinding, datang lagi mobil Correa yang menghantam mobil Hubert dalam kecepatan 273 km per jam.

Kedua mobil itu tampak hancur berkeping-keping. FIA menyebut kondisi Correa stabil pasca naik menjalani operasi. Pembalap asal Amerika Serikat itu mendapat cedera patang tulang di kedua kaki. (irr)

error: Content is protected !!