Jadi Pembicara Kuliah Umum UI, Midji Sampaikan Soal Kolaborasi Membangun Desa

Gubernur Kalbar Sutarmidji saat menjadi pembicara utama dalam kuliah umum di Kampus Universitas Indonesia (UI) Jakarta, Senin (17/2). foto : Idil Aqsa Akbary

JAKARTA-Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Sutarmidji menjadi pembicara utama dalam kuliah umum bertajuk Strategi Percepatan Pembangunan Berkelanjutan Kalbar di Gedung IASTH, Lt 3, Kampus Universitas Indonesia (UI) Salemba Raya, Jakarta Pusat, Senin (17/2) sore.

Dalam kesempatan tersebut, orang nomor satu di Kalbar itu menyampaikan tentang integrasi dan kolaborasi dalam membangun desa. Dimana Kalbar telah berhasil membuktikannya.

Dari 2.031 desa yang ada, awalnya hanya memiliki satu desa mandiri, kini berhasil terwujud 87 desa mandiri. Sementara di Indonesia, dari total 74.954 desa yang ada, baru terdapat 834 desa yang berstatus mandiri. Dengan demikian, Kalbar artinya telah berhasil menyumbang 10,5 persen jumlah desa mandiri di Indonesia.

Semua itu menurut Sutarmidji tak lepas dari peran berbagai pihak yang ikut berkolaborasi dalam membangun desa. Khususnya pihak TNI dan Polri yang ikut mengentaskan indikator-indikator dalam Indeks Desa Membangun (IDM).

Pembangunan desa yang terukur adalah dengan menyelesaikan 52 indikator desa mandiri. “Banyak yang ngomong tentang dana desa, tapi tidak tahu digunakan untuk apa, tidak menyelesaikan indiaktor yang ada,” ungkap Midji sapaan akrabnya.

Dalam kesempatan tersebut, selain gubernur Kalbar juga hadir Pangdam XII/Tanjungpura Muhammad Nur Rahmad dan Mantan Kapolda Kalbar Didi Haryono sebagai pembicara.(bar)

error: Content is protected !!