Jaga Kualitas, Kenali Buahnya dan Ikutkan Lomba

DURIAN SAMBAS: Buah durian yang di kota Sambas. Kebanyakan, dipasok dari dusun Sawah, Desa Senatab, kecamatan Sajingan Besar.FAHROZY/PONTIANAKPOST

Dusun Sawah Senatab GudangnyaDurian Sambas

Di kabupaten Sambas, pecinta durian sejati, siapa tak kenal dengan durian Sawah. Salah satu dusun di Desa Senatab Kecamatan Sajingan Besar. Jika sedang musim, maka sebagian besar untuk kebutuhan kota Sambas dipasok dari kawasan Desa Sawah.

FAHROZI –Sajingan Besar

BUAH durian ada lagi. Saat panen seperti sekarang ini, menjadi kesenangan bagi warga. Penikmat durian tak sulit sulit mendapatkan buah berduri tersebut. Lantaran setiap sudut, ada saja penjual dadakan. Dengan harga murah, tentunya.

Di kota Sambas misalnya. Buah durian sudah mulai terlihat dijual di wilayah pasar, dan sejumlah titik lainnya. Durian-durian tersebut, diantaranya didatangkan dari sejumlah daerah di Sambas. Seperti dari Kecamatan Sajingan Besar. Salah satunya dari Dusun Sawah, Desa Senatab, kecamatan Sajingan Besar.

Sawah, merupakan salah satu dusun di Desa Senatab Kecamatan Sajingan Besar. Jika berada di daerah itu, pohon durian terlihat besar dan menjulang. Sehingga tak heran, banyaknya pohon durian yang masih ada, menjadikan dusun ini salah satu gudangnya durian di Kabupaten Sambas.

Kepala Desa Senatab, Suhardi membenarkan jika Dusun Sawah merupakan tempatnya durian. Durian dari daerah inilah yang banyak membanjiri wilayah Kabupaten Sambas.

“Ini sudah memasuki musim durian, dan ini sudah terjadi sejak dulu,” katanya.
Pohon yang ada, sudah ada sejak zaman dulu. Warga ada yang masih memeliharanya sehingga Sawah masih banyak durian dengan aneka bentuk jenis. “Kalau di daerah lain ada juga, tapi tak sebanyak di Dusun Sawah,” katanya.

Biasanya, para pembeli paket banyak. Langsung datang ke Dusun Sawah, bertemu dengan warga yang punya durian untuk dibeli selanjutnya dijual lagi ke sejumlah daerah.

“Pagi hari biasanya pembeli sudah mulai berdatangan, karena malam buah durian banyak yang jatuh kemudian dikumpulkan di satu tempat,”katanya.
Anggota DPRD Sambas, H Eko Suprihatino SP juga membenarkan jika Dusun Sawah menjadi tempat durian di Kabupaten Sambas. Hal tersebut diakuinya setelah melihat langsung kondisi yang ada.

“Pohon durian masih banyak, belum lagi masuk ke dalam perkampungan warga, jadi wajar kalau Sawah adalah gudang durian,” katanya.

Sebagai anggota legislative, dirinya juga menyampaikan pesan kepada warga untuk tetap melestarikan pohon durian. Selain memberikan nilai ekonomi kepada warga, ke depannya dari Dusun Sawah harus memiliki durian untuk bisa di lombakan dalam festival durian se Kalbar.

Dirinya juga mengharapkan, ini bisa menjadi wisata durian. Terlebih, Desa Senatab khususnya memiliki sejumlah riam atau air terjun yang menjadi objek wisata. Sehingga antara wisata riam dan kebun durian ini bisa dijadikan rangkaian wisata. (*)

Read Previous

Reviu Program KKBPK dan Sinkronisasi Perencanaan DAK Bidang KB 2019

Read Next

Pameran Arsip dan Dokumentasi Film Kinematek Singkawang

Tinggalkan Balasan

Most Popular