Jajanan Manis Tanpa Oven

Arisan kurang lengkap tanpa nyemil-nyemil cantik. Kue tradisional masih jadi menu favorit untuk acara seperti itu. Dan, mudah dibuat di rumah karena tak memerlukan oven atau pemanggang. .

Kue tradisional cenderung mudah dibuat. Tidak memerlukan oven atau pemanggang. Hanya panci kukus atau penggorengan.

“Kali ini kami bikin kue tradisional Jawa. Ada beberapa yang bahan dasarnya sama dengan kue daerah lain. Hanya saja, penamaannya berbeda,’’ kata Maharani Kusuma Dewi, owner Surabaya Kue.

Bahan-bahannya sangat mudah didapat. Buat yang manis dan legit, ada puding ubi ungu. Sesuai namanya, bahan dasarnya hanyalah agar-agar dan ubi ungu. Nyomot satu jelas kurang. Harus berkali-kali makan biar puas.

“Disajikannya kecil-kecil gini. Kalau makan, enak. Enggak berantakan,’’ ucap perempuan yang akrab disapa Rani itu.

Ada pula kue lapis pisang. Kue tersebut adalah modifikasi dari kue lapis yang kerap dijumpai di pasar tradisional. Karena berbahan dasar tepung beras dan tapioka, tekstur kue itu lembut dan lengket, serta chewy di mulut. Hanya, kali ini, ada pisang kepok yang manis di dalamnya. Yummy!

Kalau mau yang ada pisangnya lagi, coba bikin kue kacamata. Bentuknya bulat dan ada pisang di tengahnya. Sekilas mirip kacamata. Rasanya agak mirip nagasari. Namun, terasa lebih berat karena

adonan pembungkus pisangnya terbuat dari singkong. Lalu, untuk tambahan rasa gurih, bagian atasnya ditaburi kelapa parut.

“Kelapa parut dikukus dulu supaya lebih tahan lama dan enggak mudah basi,’’ jelas Rani.

Terakhir, Anda bisa mencoba bikin kue putri mandi. Bentuknya cukup unik. Terdiri atas tiga bulatan berbeda warna yang disiram dengan kuah santan. Kata Rani, kue itu paling difavoritkan, tapi juga paling rumit dibuat. Sebab, dibutuhkan tiga tahapan. Yakni, pembuatan kulit, isi, dan kuah. Kue-kue tersebut hanya bisa bertahan 12 jam dalam penyimpanan suhu ruang. Kecuali kue lapis yang dapat bertahan 24 jam. Karena itu, lebih baik kue baru dibuat mendekati acara. Selamat mencoba! (*/adn/c18/jan/JP)

loading...