Jalan dan Jembatan Provinsi Rusak, Ancam Keselamatan Pengguna

SAMBAS – Sejumlah masyarakat dan pengguna jalan mengeluhkan anjloknya jembatan di Desa Nibung Kecamatan Paloh Kabupaten Sambas. Mereka meminta Pemerintah Provinsi untuk segera melakukan perbaikan akses tersebut.

Jembatan Nibung berada di ruas jalan berstatus Jalan Provinsi. Kondisi kerusakan sudah berlangsung lama, membuat pengendara harus berhati-hati. Pasalnya, saat melintas tinggi jembatan turun dibandingkan ketinggian jalan.

“Jembatan turun, jadi tingginya tak lagi sama dengan jalan, bahkan lebih rendah dibandingkan ketinggian jalan yang ada,” kata Eka, warga Paloh.

Menurutnya, kondisi ini bisa membahayakan pengguna jalan. Sehingga pihaknya berharap kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat melalui dinas terkaitnya, melakukan perbaikan. “Harus segera dilakukan perbaikan. Kami khawatir, ini akan membahayakan pengguna kendaraan yang melintas di area tersebut,” katanya.

Dirinya dan sejumlah masyarakat setempat, juga berharap kepada Gubernur Kalimantan Barat, untuk memperhatikan kondisi jalan berstatus Provinsi di wilayah Kecamatan Paloh dan Kabupaten Sambas pada umumnya.

Kondisi jalan berstatus provinsi, sebut Eka, bukan saja memerlukan perbaikan atau tambal sulam. Namun harus ada peningkatan perbaikan jalan tersebut. “Karena jalan berstatus provinsi di Paloh, masih ada yang harus dilakukan perbaikan, bahkan harus ada peningkatan jalan, karena disitu juga lalu lintas kendaraan yang biasanya mengangkut
hasil perkebunan,” katanya.

Selain itu, ruas jalan di Paloh, menjadi akses tamu atau wisatawan yang datang ingin bertamasya ke pantai-pantai yang ada di kecamatan ini. Termasuk diantaranya merupakan warga dari Negara Malaysia.

“Kadang kami ditanya para wisatawan, diantaranya ada dari Malaysia, kok jalannya masih ada yang tidak bagus. Padahal, dengan jalan yang bagus, akan menjadi sektor penunjang majunya sektor pariwisata di Kecamatan Paloh. Kami malu juga sebagai tuan rumah,” katanya.

Diharapkan Gubernur Kalimantan Barat, segera bersikap. Eka berharap sebagai masyarakat, dengan bagusnya kondisi jalan. Akan menunjang sektor lainnya, termasuk perekonomian masyarakat setempat.

Saat ini, wisata alam seperti pantai di Kecamatan Paloh sudah menjadi perhatian wisatawan, termasuk dari luar negeri. Sehingga dengan baiknya infrastruktur jalan, akan memberikan dukungan atas kemajuan kepariwisataan.(fah)

Read Previous

Kajari Pontianak Optimis Raih WBK

Read Next

PN Singkawang Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi