Jalankan PIP, BNI Pontianak Jemput Bola ke Sekolah

Antusias : Ratusan siswa di SMK Negeri 7 Pontianak tampak antusias menerima bantuan dana dari Program Indonesia Pintar. Penyaluran kali ini, dilakukan oleh Bank BNI lewat fasiltias BNI Layanan Gerak, Kamis (28/11).

PONTIANAK – Dipenghujung Tahun 2019, Bank BNI Cabang Pontianak kembali menyalurkan dana Program Indonesia Pintar (PIP) kepada sejumlah sekolah yang ada di Kota Pontianak. Penyaluran tersebut dilaksanakan di delapan sekolah SMK secara maraton dari tanggal 26-28 November 2019.

“Kita berinisiatif melakukan jemput bola ke sekolah-sekolah. Selama tiga hari itu, kami buka layanan BLG (BNI Layanan Gerak) di tiga titik yang berbeda secara bergantian,” ungkap Pimpinan BNI Cabang Pontianak, Farid Ma’rof, Kamis (28/11).

Farid mengatakan, penyaluran PIP yang dilakukan oleh BNI dengan mendatangi langsung ke penerima dana guna memastikan terserapnya dana tersebut sampai dengan 100 persen. Pihaknya ingin mempermudah akses siswa penerima dana terhadap fasilitas perbankan yang dapat melayani pencairan dana tersebut. Sehingga siswa tetap berada di lingkungan sekolah yang tentunya mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

“Supaya mereka tidak perlu lagi ke kantor-kantor pelayanan BNI. Pengurusannya dapat dilakukan melalui BLG,” kata dia.

Penyaluran dana PIP pada Selasa, 26 November 2019 berlokasi di SMKN 4 Pontianak, dengan penerima dana berasal dari SMK Koperasi sebanyak 43 siswa, SMKN 4 Pontianak 90 siswa, SMKN 9 Pontianak 12 siswa, dan SMK Muhammadiyah 38 Siswa. Pada Rabu, 27 November  2019, pelayanan buka di SMKN 3 Pontianak, dengan penerima berasal dari SMK Negeri 3 Pontianak sebanyak 48 siswa, SMKN 5 Pontianak 34 siswa, dan SMK YPK 25 siswa. Sedangkan  Kamis, 28 Nov 2019 dipusatkan di SMKN 7 Pontianak, dengan penerima siswa dari SMK Negeri 7 Pontianak berjumlah 200 Siswa.

Pembagian buku tabungan dan Penarikan dana PIP dapat dilakukan langsung di waktu yang bersamaan. PIP ini terintegrasi dengan Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang juga berfungsi sebagai kartu debit,  yang dapat digunakan di seluruh ATM BNI dan mesin EDC di Agen46 BNI.

Farid menegaskan bahwa, BNI berkomitmen untuk selalu mendukung program-program pemerintah yang diamanatkan kepada BNI dengan memberikan kemudahan bagi seluruh Nasabahnya. Dalam rangka pencairannya, PIP ini BNI juga berkoordinasi berbagai pihak guna menyukseskan program ini.

Sementara itu, Kepala SMK Negeri 7 Pontianak, Syaipurahman, menuturkan, kehadiran BLG, sangat membantu para siswa untuk melakukan pencairan dana PIP kepada ratusan siswanya. Kehadiran Bank BNI di sekolahnya, juga menjadi ajang untuk lebih mendekatkan siswa kepada perbankan.

“Ini juga menjadi sarana untuk meningkatkan pengetahun siswa tentang keuangan dan perbankan,” kata dia.

Dia berharap, agar bantuan tersebut dipergunakan oleh siswa dengan sebaik-baiknya dalam memenuhi kebutuhan belajar mereka. Bila perlu, mereka memanfaatkan fasilitas perbankan itu, untuk aktivitas menabung dan lain sebagainya.  (sti)