Jalur Sengit Wakil Inggris-Spanyol

MONACO – Kesuksesan Liverpool juga Chelsea menggondol gelar Liga Champions dan Liga Europa musim 2018-2019 membuat Inggris punya tiga wakil berstatus unggulan pertama Liga Champions musim 2019-20210 ini. Bersama Liverpool dan Chelsea, Manchester City sebagai kampiun Premier League ada disana.

Jelang pengundian fase grup Liga Champions musim 2019-2020 malam ini (29/8) di Grimaldi Forum, banyak prediksi muncul siapa yang berpotensi ada di grup neraka juga bagaimanakah undian terenteng yang bisa dihadapi.

Dari kuota 32 tim di fase grup maka sudah 29 klub memastikan lolos. Tiga tiket tersisa diketahui dini hari tadi (29/8) berdasar hasil laga Ajax versus APOEL, Slavia Praha lawan CFR Cluj, dan Club Brugge menghadapi LASK Linz.

Nah, dari dua kelompok unggulan teratas yakni pot satu dan dua, wakil-wakil Inggris juga Spanyol mendominasi. Di pot utama yang berisi delapan klib, bercokol tiga tim Inggris (Liverpool, Chelsea, dan City) serta satu Spanyol (Barcelona).

Lantas di pot kedua terdapatlah dua tim Spanyol (Real Madrid dan Barcelona) juga satu tim Inggris (Tottenham Hotspur). Dengan demikian potensi bentrok antara klub Inggris versus Spanyol di fase grup ini sangat mungkin terjadi.

Seperti diberitakan Daily Star kemarin (28/8) berdasar hasil simulasi komputer Star Sport untuk pengundian grup Liga Champions musim ini maka undian City paling enak. Sementara paling ketat adalah Spurs.

Komputer Star Sport memprediksi City akan segrup dengan Ajax (Belanda), Bayer Leverkusen (Jerman), dan Genk (Belgia) di grup E. Namun dengan catatan Ajax berhasil melalui hadangan APOEL dini hari tadi.
Meski tak seenak seundian City, Chelsea juga diperkirakan masuk grup enteng. Komputer Star Sport memprediksi kalau The Blues masuk grup D bersama Borussia Dortmund, RB Salzburg, dan Lokomotiv Moscow.

Bagaimana nasib juara bertahan versi Star Sport di fase grup ? Liverpool berada bertemu Real, di grup B. Pertemuan keduanya akan mengulang pertemuan terakhir keduanya di final Liga Champions 2017-2018. Liverpool dan Real bakal ditemani wakil Italia yakni Atalanta dan tim Yunani, Olympiacos.

Prediksi versi komputer Star Sport menunjukkan Spurs akan masuk grup ketat bersama juara Bundesliga Bayern Muenchen dan tim yang diarsiteki Antonio Conte, Inter Milan. Menggenapi Bayern, Spurs, dan Inter terdapatlah wakil Prancis Lille.

Pelatih Liverpool Juergen Klopp dalam ketika diwawancara Kicker mengatakan tim favoritnya untuk menggondol trofi Si Kuping Besar musim ini adalah rivalnya, City. Di semua lini, City benar-bebar superior.

“Walaupun kami berstatus juara, namun kami bukanlah favorit untuk menjadi juara kembali. Level Pep (Guardiola) dengan City berada di atas semua tim yang bermain di Premier League ini,” ucap pelatih berusia 52 tahun tersebut.

Pelatih anyar Chelsea Frank Lampard dalam situs resmi UEFA mengatakan kembali berlaga di kompetisi paling bergangsi di Eropa ini membawa gairah tersendiri buatnya. Apalagi Lampard pernah memenanginya musim 2011-2012 lalu bersama The Blues.

“Saya mengalami musim yang spesial periode tersebut. Kami adalah tim London pertama yang bisa mencapai juara Liga Champions,” ujar pelatih 41 tahun itu. “Saya bermimpi untuk menjuarainya sebagai pelatih,” tambah Lampard. Kegagalan perdana di level Eropa sebagai pelatih, yakni kalah adu penalti dari Liverpool, di Piala Super Eropa (15/8) memberinya lecutan tertentu.

Di sisi lain, entrenador Barcelona Ernesto Valverde kepada Sport juga mengelak jika timnya pantas diletakkan sebagai kandidat juara. Pramusim yang bermasalah dengan transfer kemudian cedera yang menimpa trio lini depannya, Ousmane Dembele-Lionel Messi-Luis Suarez, memberikan tekanan besar padanya.

“Valverde mengatakan kepada saya kalau periode musim lalu, saat tersingkir oleh Liverpool di semifinal, memberikan pukulan psikologis besar. Saya rasa Valverde fokus memperbaiki internal tim,” tutur eks rekan Valverde, Ramon Catala.

Sementara itu, penyerang Bayern Muechen Robert Lewandowski dalam wawancara dengan Bild mengatakan masuknya Philippe Coutinho ke skuadnya memberikan kekuatan di lini tengah. “Umpan yang dihasilkannya sangat akurat dan ini menjadi modal kami di Eropa,” tutur Lewandowski. (dra)

Read Previous

Cinta Pancasila Tak Sekadar Simbol

Read Next

Eksistensi BUMD Terhadap Akselerasi Pembangunan Daerah

Tinggalkan Balasan

Most Popular