Jangan Buka Lahan Dengan Membakar

yudi

SAMBAS – Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sambas, berharap kepada seluruh pihak untuk bersama-sama mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Sambas.

Disampaikannya, saat ini cuaca panas terjadi di sejumlah wilayah di Kabupaten Sambas. Sehingga situasi yang ada menjadikan rawan munculnya terjadinya karhutla. “Panas cuaca yang terjadi sudah berlangsung beberapa hari, jadi kondisi lahan terutama yang lahan kosong tak terawat, rumput kering yang kondisi ini rawan terjadi kebakaran, apalagi jika itu adalah lahan gambut,” kata Yudi, Rabu (27/7).

Begitu juga aktivitas membuka lahan atau kebun dengan cara membakar. Yudi mengharapkan jangan sampai dilakukan disituasi cuaca sedang panas seperti sekarang. “Kami juga berharap kepada seluruh pihak, untuk tak membuka lahan dengan cara membakar. Ini sangat berbahaya, terlebih cuaca sedang panas dan angin lumayan kuat,” katanya.

Pihaknya, bekerja sama dengan instansi terkait lainnya. Juga akan mensosialisasikan upaya bersama cegah karhutla di Kabupaten Sambas. “Semua pihak harus memahami dampak negatif jika terjadi kebakaran hutan dan lahan, sehingga situasi ini harus dijaga secara bersama agar di Kabupaten Sambas tak terjadi kebakaran hutan dan lahan,” katanya.

Pihaknya juga terus berkoordinasi dengan pihak camat hingga desa, untuk bersama-sama mengedukasi dan mensosialisasikan pencegahan kebakaran hutan dan lahan.(fah)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!