Jangan Minum Kopi Sebelum Naik Pesawat, Ini Alasannya

Merasa suntuk saat menunggu jadwal penerbangan adalah hal yang sangat lumrah. Meminum secangkir kopi biasanya jadi pilihan untuk menghabiskan waktu. Tapi tahukah Anda bahwa hal itu bisa berdampak buruk pada kesehatan?

Dilansir dari Times of India, Senin (2/12), minum kopi saat perut kosong bisa memicu rasa kembung dan tidak nyaman pada perut. Efek buruk ini bisa bertambah jika kopi diminum sebelum naik pesawat. Kopi rupanya bisa memicu kegelisahan dan menimbulkan dehidrasi yang berujung pada rasa mual dan sakit kepala.

Dalam laman The Healthy, disebutkan bahwa Institut Kesehatan Mental Nasional merekomendasikan agar orang yang sedang cemas sebaiknya menghindari kafein. Terlalu banyak kafein dalam tubuh rupanya bisa memperparah kecemasan. Kondisi bisa bertambah runyam jika orang yang sedang cemas meminum kopi sebelum terbang.

Pada akhirnya, hal ini bisa membuat penderitanya susah tidur dan memperburuk kondisi kesehatan selama penerbangan berlangsung.

Dalam sebuah studi tahun 1990 yang diterbitkan dalam Psychosomatic Medicine, 25 pria diberi kafein dalam dosis sedang sebelum bekerja. Para pria, yang semuanya peminum kopi itu, memiliki tekanan darah lebih tinggi, hormon stres meningkat dan sekitar dua kali lipat tingkat stres yang dilaporkan karena konsumsi kafein.

Bagi sebagian orang, kopi adalah minuman yang bisa membuat mereka bersemangat menjalani hari. Sebagian lagi menganggap kopi adalah minuman yang menenangkan. Hanya saja, kandungan kafein di dalam kopi kerap kali bisa menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan. Bagi Anda yang ingin bepergian dengan pesawat, tentu ada baiknya saran ini diikuti demi perjalanan yang tenang dan menyenangkan.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Marieska Harya Virdhani/Jawa Pos

Read Previous

Epson Indonesia Meriahkan Konser Magenta Orchestra 15 dengan Projection Mapping

Read Next

400 Tenaga Pendidik Jadi Kepanjantanganan Sosialisasi Program SSK

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *