Jangan Sepelekan Kebersihan Sungai

Pengerukan: Kegiatan pengerukan sungai dilakukan di wilayah Pemangkat. Ozy/Pontianak Post

SAMBAS – Sejumlah pihak mengapresiasi dilakukan pengerukan sejumlah sungai di wilayah Kecamatan Pemangkat. Diharapkan, program ini bisa menciptakan sungai bersih dalam rangka mewujudkan lingkungan yang sehat demi masyarakat. Ketua Lembaga Wahana Pelestarian Nusantara (Wapatra), Andri Mayudi mengapresiasi atas dilakukan pengerukan sungai yang ada di Pemangkat. Bukan saja sebagai langkah normalisasi, namun ini upaya menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, terlebih sungai-sungai yang ada terdapat banyak sampah. “Sejumlah sungai di Pemangkat, memang sudah seharusnya dikeruk, karena banyak sampah yang menyebabkan pendangkalan,” kata Andri, Senin (26/8).

Pengerukan sungai ini, harus didukung semua pihak. Sehingga pelaksanaannya lancar, termasuk usaha bersama diperlukan menjaga sungai setelah dikeruk. “Pemerintah, baik di kabupaten, kecamatan dan desa. Harus mendukung upaya menjaga sungai tetap bersih melalui kebijakannya. Diantaranya tak memberikan izin jika ada bangunan tempat usaha, yang aktivitasnya bisa berdampak pada pencemaran. Artinya pemerintah harus mempertimbangkan aspek aturan, lingkungan hingga sosial,” katanya.

Termasuk kesadaran dari masyarakat yang tinggal di bantaran sungai. Juga harus menjadi yang terdepan menjaga sungai tetap bersih. “Karena dengan kesadaran masyarakat menjaga dan melestarikan sungai tanpa paksaan dari pihak manapun, akan menjadikan sungai-sungai di Indonesia menjadi terawat dan terjaga kelestariannya, sehingga dapat dimanfaatkan untuk mensejahterakan kehidupannya,” katanya.

Aktivitas yang bisa menyebabkan pencemaran sungai. Perlu ditanggulangi sedini mungkin agar sungai bisa menjadi sahabat yang dapat menopang kesejahteraan masyarakat. “Jadi jangan berpikir bahwa masalah sungai sekadar persoalan sederhana,” katanya. Pemerintah, mulai dari kabupaten, kecamatan dan desa. Harus harus fokus untuk mengelola dan melindungi sungai. Lantaran, dampaknya sangat banyak baik sisi Kesehatan, lingkungan, ekonomi jika sungai tak terjaga dengan baik. “Pemerintah harus punya langkah dan upaya untuk menjaga sungai dan ekosistemnya,” katanya. (fah)

Read Previous

Pencegahan dan Penanganan Karhutla Sanggau

Read Next

Fadhil Al-Jilani Bakal ke Kayong Utara

Tinggalkan Balasan

Most Popular