Jaringan Pipa Gas Kalimantan jadi Solusi

 

PONTIANAK – Kepala BPH Migas, M Fashurullah Asa pihaknya terus mendalami supply and demand gas bumi di Pulau Kalimantan. Kkhususnya terkait pemindahan Ibu Kota Negara di Kalimantan Timur dan juga supply and demand gas bumi di Kalimantan Barat. Hal ini terkait pembangunan infrastruktur Pipa Gas Bumi Trans Kalimantan. “Agar semua pihak terkait diharapkan memberikan kemudahan dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunannya,” ujarnya saat Focus Grup Discussion (FGD) Selasa di Grand Mahkota Hotel Pontianak, Selasa (3/12).

Kegiatan FGD ini dihadiri oleh Kepala Staf Kepresidenan Jendral TNI (Purn) Dr Moeldoko dan Tokoh Masyarakat Kalimantan sekaligus Ketua DPD RI Periode 2017-2019, Oesman Sapta Odang. Selain itu, berbagai Lembaga dan pemangku kepentingan dibidang Gas Bumi hadir mulai dari Anggota DPR RI, DPD RI, SKK Migas, BPH Migas, Ditjen Migas KESDM, Kementerian Perindustrian, Gubernur/Bupati/Walikota se-Kalimantan, dan Rektor PTN se-Kalimantan, Asosiasi Pengusaha Tambang dan Asosiasi Pengusaha Kelapa Sawit, Kadin, Hipmi, Inkindo, Gapensi, Kahmi hingga Badan Usaha di bidang niaga dan atau pengangkutan gas bumi melalui pipa.

Dia menjelaskan, pembangunan pipa Trans Kalimantan ini dalam rangka meningkatkan pemanfaatan gas bumi di dalam negeri. Sekaligus dapat ikut membantu mengurangi defisit perdagangan melalui peningkatan pemanfaatan gas bumi sebagai substitusi BBM terutama pada sektor kelistrikan dan pertambangan.

Pembangunan Pipa Gas Bumi Trans Kalimantan ini merupakan tindak lanjut Rencana Induk Gas Bumi Tahun 2012-2025. “Kementerian ESDM telah merencanakan pembangunan jalur Pipa Gas Bumi Trans Kalimantan yang membentang dari Bontang – Banjarmasin – Palangkaraya – hingga Pontianak sepanjang 2.219 Km, yang akan mengangkut Gas Bumi dari Bontang Kalimantan Timur guna memenuhi kebutuhan energi gas alam bagi seluruh masyarakat di Pulau Kalimantan.

Read Previous

Daya Beli Singkawang Lebih Baik

Read Next

Ai Xin Bantu Dua Anak Muda Kurang Mampu

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *