Jeno: Empat Pilar Kebangsaan Alat Utama Cegah Konflik

PONTIANAK – Anggota Komisii XI DPR RI/ Anggota MPR RI, Michael Jeno melakukan sosialisasi empat pilar kebangsaan kepada masyarakat di Kota Singkawang pada pekan ke-3 Februari 2019. Menurutnya dalam membina keutuhan NKRI, kita hendaknya memperhatikan dan memedomani empat pilar kebangsaan. Yakni Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD Tahun 1945 sebagai konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

Dia menjelaskan satu per satu dari empat pilar tersebut, bahwa pilar pertama Pancasila merupakan dasar dan falsafah bangsa yang menjadi pedoman kehidupan berbangsa. Pilar kedua, UUD 1945 sebagai konstitusi negara, pilar keempat NKRI, sebuah negara kesatuan yang terbentang dari Sabang sampai Merauke, dan pilar ke empat Bhinneka Tunggal Ika yang memiliki makna berbeda-beda suku, agama, ras dan adat istiadat tetapi hidup berdampingan dengan rukun dan damai dalam kerangka NKRI. “Tidak hanya tanggung jawab pemerintah dan DPR/MPR, tetapi juga kewajiban seluruh lapisan masyarakat untuk ikut menanamkan nilai-nilai ideologi Pancasila,” legislator Fraksi PDI Perjuangan asli Kalbar tersbut dalam acara yang dihelat September 2017 ini.

Empat pilar kebangsaan, kata dia, sangat penting menghadapi permasalahan aktual dewasa ini. Misalnya tentang tren panasnya suhu politik pada momen-momen pemilu, pilpres dan pilkada. “Tantangan internal berkaitan rendahnya pemahaman terhadap ajaran agama, otonomi daerah, SARA, pemberantasan korupsi dan tidak berjalannya penegakan hukum optimal,” ujarnya.

Adapun tantangan eksternal itu sendiri berkaitan dengan globalisasi dan kapitalisme, serta infiltrasi paham-paham asing ke dalam negeri. “Untuk menjawab itu semua maka mari perkokoh empat pilar untuk Indonesia. Saya yakin dengan empat pilar kita bisa melalui tantangan yang ada dan negara kita akan lebih maju. Dalam pilkada serentak tahun depan, masyarakat Pontianak juga harus berperan daam menjaga kebhinekaan,” pungkasnya. (ars)

Read Previous

Kembangkan Ekonomi Digital Berbasis Kerakyatan

Read Next

Pindah Ibu Kota Untungkan Kalbar

Tinggalkan Balasan

Most Popular