Kades Harus Tahu Jumlah Warga Miskin

PELANTIKAN: Suasana usai pelantikan 123 Kepala Desa se Kabupaten Sambas yang dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Sambas. ISTIMEWA

SAMBAS – Seluruh Kepala Desa diharapkan tahu jumlah masyarakat miskin di desanya masing-masing. Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sambas, Arifidiar usai menghadiri pelantikan 123 Kepala Desa di aula Kantor Bupati Sambas, Senin (30/12).

“Kepala desa yang baru selesai dilantik dan seluruh kades di Kabupaten Sambas, harus tahu berapa jumlah orang miskin di desanya, harus update data keluarga miskin di desanya,” kata politisi Golkar ini.

Menurutnya, ini sangat penting, pasalnya sumber data ada di desa. “Desa harus punya database warga miskin yang update, yang nantinya ini menjadi dasar pemberian program dan bantuan dalam upaya pengentasan kemiskinan maupun pembangunan lainnya,” katanya.

Kepala desa, juga harus menjamin bantuan-bantuan ataupun program sosial pengentasan kemiskinan, tepat sasaran. Jangan ada upaya tak benar, atau ada unsur keluarga. “Menjadi tugas Kades juga, karena masihnya ada laporan terjadi praktik kurang benar, misalnya di PKH, harus benar-benar tepat sasaran, jangan ada unsur hubungan keluarga, orang dekat,” katanya.

Begitu juga data desa lainnya, disampaikan Arifidiar, Kades harus menguasainya. Misalnya panjang jalan di desanya masing-masing, status jalan yang ada di desa, berapa yang rusak, berapa yang bagus.

“Ini berkaitan dengan penganggaran yang dilakukan Pemkab (Eksekutif) dan DPRD Sambas (Legistlatif), sehingga dengan data yang benar dan betul, pengalokasian anggaran akan tepat sasaran, dan termasuk data lainnya, dan jika ini dilakukan, saya yakin percepatan desa mandiri sesuai harapan pemerintah itu akan segera dicapai,” katanya.

Arifidiar melihat, yang terjadi saat ini, keluhan-keluhan dari masyarakat muncul di media sosial. Misalnya si A melihat jalan rusak kemudian difoto dan diunggah di media sosial. Sehingga dengan adanya data update dari kades, ini akan bisa diketahui dengan cepat dan segera dicarikan solusi.

Dalam kesempatan tersebut, Arifidiar menyampaikan ucapan selamat kepada 123 Kades yang dilantik. Kades merupakan perpanjangan tangan paling ujung pemerintah pusat (Presiden), setelah Provinsi, kabupaten dan kota. “Selamat bertugas, dan mari bersama bangun daerah ini, dan mudah menjadi berkah dari Allah SWT,” katanya.

Pelantikan kades ini, juga menjadi bukti kedewasaan masyarakat Sambas dalam berdemokrasi. Lantaran tak ada persoalan muncul, jika ada riak kecil itu sesuatu yang lumrah. (fah)

loading...