Kagama Kalbar Gelar Vaksinasi Massal Covid-19 di PCC, Peserta Capai 800 Orang

Pelaksanaan vaksinasi massal Covid-19 yang digagas oleh Kagama Kalbar pada Rabu (20/10) di PCC. (IST)

PONTIANAK- Pencegahan Covid-19 melalui vaksinasi terus digencarkan. Berbagai pihak ikut terlibat membantu pemerintah mencapai target pencapaian vaksin. Rabu (20/10) sekitar 800 orang telah mendaftar pada kegiatan vaksinasi massal Covid-19 yang digelar Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (KAGAMA) Kalbar bersamaan Dinas Kesehatan Pontianak.

Pukul 08.00 vaksinasi dimulai. Satu persatu peserta antre melewati pemeriksaan kesehatan sebelum dilakukan vaksin. Mereka duduk di kursi antrean dengan tetap menjaga jarak dan mengenakan masker. Usai vaksin, masing-masing dari mereka menerima bingkisan berupa satu bibit tanaman, yang merupakan kerja sama antara Kagama Kalbar dan BPDAS serta Bibitqu. Peserta tampak antusias untuk divaksin sebagai salah satu usaha mencegah gejala berat Covid-19, melindungi orang lain, dan membantu menghentikan penyebaran Covid-19.

Sigit Wahyudi, Ketua Penyelenggara Kegiatan mengatakan, digelarnya acara ini karena Kagama Kalbar ingin membantu pemerintah menyukseskan dan menjaring calon-calon peserta yang ingin vaksinasi. Harapannya, menurut Sigit, target vaksinasi di Kalbar, khususnya di Pontianak cepat terpenuhi.

”Kami Kagama Kalbar membantu untuk mempublikasikan, mensosialisasikan kepada masyarakat, sehingga masyarakat tergugah dan mempunyai kemauan untuk vaksinasi,” paparnya saat ditemui di PCC, tempat berlangsungnya acara.

Menurut Sigit, antusias masyarakat cukup tinggi. Jumlah peserta secara daring tercatat 774 orang. Jumlah peserta semakin bertambah pada hari pelaksanaan kegiatan.

“Pendaftarnya sampai kemarin malam itu sebanyak 774 orang. Namun demikian, saat ini tadi yang sudah mendaftar sekitar 800 lebih. Karena di samping mendaftar secara online, ada juga yang mendaftar secara langsung disini,” jelasnya.

Sigit mengatakan, kegiatan ini bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Pontianak. Pihaknya berterima kasih, bahwa kerja sama ini dapat mewujudkan vaksinasi massal yang diselenggarakan Kagama Kalbar berjalan sukses dan lancar.
Panitia juga menerapkan aturan dalam antrean untuk mencegah kerumunan. Setiap satu sesi hanya dilakukan untuk 250 peserta vaksinasi saja. Satu jam berikutnya, dilanjutkan sesi ke dua untuk jumlah yang sama.

“Agar masyarakat sekitar 800 orang ini datang dengan tertib, kami dari panitia juga menginformasikan kepada peserta kita bagi menjadi 250 orang di jam pertama, 250 orang lagi di jam ke dua, dan sisanya di jam ke tiga sehingga kerumunan itu bisa dihindari, tidak semua peaerta data g bersamaan di pago hari.” jelasnya.

Sigit menambahkan, usai vaksinasi setiap peserta mendapatkan suvenir berupa satu bibit tanaman. Dalam acara ini, sebanyak 1200 bibit disiapkan dari sumbangan BPDAS juga dari Bibitqu milik Kagama Kehutanan Kalbar. Hal ini juga salah satu upaya Kagama Kalbar untuk terlibat dalam penghijauan Kota Pontianak.

“Dengan kami berikan bibit, masyarakat juga sadar menanam tanaman tersebut di rumahnya. Dari berbagai macam bibit tanaman, ada jambu, mangga, durian. Tentunya tanaman-tanaman buah ini bisa ditanam di halaman rumah. Selain itu ada bibit petai, ketapang, juga tabebuya” pungkasnya. (mrd)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!