Kalbar Kedatangan 8.780 Vial Vaksin Covid-19
Fokus Untuk Lansia dan Petugas Pelayanan Publik

VAKSIN: Petugas saat menjemput kedatangan vaksin Covid-19 ke Kalbar di Bandara Internasional Supadio, Rabu (24/2). DINKES KALBAR FOR PONTIANAK POST

Kalimantan Barat kembali mendapat alokasi vaksin Covid-19 dari pemerintah pusat, Rabu (24/2). Alokasi untuk Kalbar pada program vaksinasi tahap dua termin pertama ini sebanyak 8.780 vial vaksin yang diterima.


Vaksin didatangkan dari Jakarta menggunakan pesawat Garuda yang tiba di Bandara Internasional Supadio sekitar pukul 10.00 WIB. Kepala Dinas Kesehatan Kalbar Harisson menjelaskan, pada termin dua ini, satu vial vaksin terdiri dari 10 dosis atau untuk 10 orang. Dengan demikian totalnya menjadi 87.800 dosis atau untuk sasaran 43.900 orang, dengan dua kali vaksin per orang.

“Pelaksanaan vaksinasi direncanakan minggu keempat Februari 2021 sampai akhir Maret 2021. Jarak vaksinasi pertama dan vaksin kedua 28 hari,” terangnya.

Adapun sasaran vaksinasi tahap dua termin pertama di Kalbar ini, terdiri dari lansia dan petugas pelayanan publik. Khusus untuk lansia di Kota Pontianak sebagai ibu kota provinsi dengan sasaran 17.803 orang. Sementara kabupaten/ kota lain di Kalbar belum mendapatkan jatah vaksin untuk lansia.

Kemudian untuk sasaran petugas pelayanan publik totalnya ada 28.172 orang. Terdiri dari wakil rakyat dan pejabat negara, tokoh agama, padagang pasar, guru, TNI-Polri, Satpol PP,  ASN dan pelayanan publik lainnya. Dengan demikian total sasaran ada sebanyak 45.975 orang.

Khusus untuk lansia, sebelum divaksin akan dilakukan skrining kesehatan terlebih dahulu. Di antaranya dengan memberikan lima pertanyaan. Jika terdapat tiga atau lebih jawaban iya dari lima pertanyaan tersebut maka vaksin tidak dapat diberikan. (bar)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!