Kalbar Menuju Kestabilan Ekonomi Pasca Covid 19
Tanjungpura Economist Club Pertama Kali Digelar

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura (FEB Untan) menghelat Forum Ekonomi Regional “Tanjungpura Economist Club” dengan tema “Kalbar Bangkit di Tengah Pandemi C-19, Potret Perekonomian 2020 dan Upaya Pemulihan” di Ruang Prof. Syamsudin Djahmat, SE, M.Sc FEB Untan, Pukul 09.00 WIB.

Dalam forum ini turut mengundang Dekan FEB Untan, Rektor Untan, Kakanwil DJPb Treasury, Bappeda dan peserta di forum ini adalah Dosen FEB Untan, Kementrian Keuangan Republik Indonesia dan DJPb Indonesia Treasury.

Forum ini sudah direncanakan sejak 2 tahun lalu, baru bisa terealisasi sekarang karena tahun 2020 ada wabah pandemi Covid 19. Sejak Covid 19, muncul kebijakan fiskal yang tidak sama untuk tiap daerah dan muncul fenomena unik pengangguran bertambah tetapi kemiskinan berkurang. Ini berdasarkan APBN Pendapatan negara 2020 membukukan peningkatan 110%.

Adapun Tahun 2020 kebijakan fiskal yang menjadi tantangan Kalimantan Barat (Kalbar) ada di sektor sosial dan kependudukan : Pendidikan, Kesehatan, Pemuda & OR, Naker – Trans. Adanya diskusi ini supaya dapat menambah wawasan serta dapat memberikan sumbang dan saran.

“Saya senang dengan dialog yang luar biasa hari ini dan berharap kedepan lebih fokus untuk memperkaya dan pertajam kajian-kajian yang lebih spesifik. Selain itu juga akan mengundang narasumber yang ahli dibidangnya” harap Edih Mulyadi selaku Kakanwil DJPb.

“Saya optimis Kalbar akan segera pulih, karena sejak memasuki kuartal 2 tahun 2021 pergerakan tren ekonomi mulai bergairah meningkat. Ini banyak didukung dari pemerintah serta masyarakat yang patuh dengan protokol kesehatan. Dengan situasi yang sekarang kami hanya bisa menstimulus para pelaku bisnis, butuh kreativitas, ketelatenan, ketekunan dan menumbuhkan jiwa kreatifitas pelaku wirausaha. Dan harus peka terhadap perubahan yang begitu cepat sejak ada Covid 19” lanjut Edih.

“Mari kira fokuskan pikiran kita terhadap kondisi sekarang dengan berbagai aspek. Saya juga berharap forum ini turut mengundang expert di bidang hukum, sosial karena untuk segera memulihkan ekonomi juga butuh pandangan yang bukan ahli dari sektor ekonomi” harap Garuda Wiko Selaku Rektor Untan.**

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!