Kampanye Masker di Sungai Pinyuh, Polisi Gunakan Mobil Hias

KAMPANYE P polisi menggunakan mobil hias mengkampanyekan wajib masker bagi warga di wilayah Kabupaten Mempawah. WAHYU/PONTIANAKPOST

MEMPAWAH – Jajaran Polres Mempawah bekerjasama dengan elemen masyarakat melaksanakan kampanye memakai masker, Kamis (10/9) pagi. Dalam kegiatan itu, petugas menggunakan mobil hias dan alat peraga untuk menarik perhatian masyarakat. Petugas berkeliling mensosialisasikan penggunaan masker dan protap kesehatan.

Di Kecamatan Sungai Pinyuh, kegiatan sosialisasi protap kesehatan dan kampanye masker dipimpin oleh Waka Polres Mempawah, Kompol Barmawis. Diikuti pula Kapolsek Sungai Pinyuh beserta personilnya, Camat Sungai Pinyuh dan Anggota Pramuka Kwartir Ranting Sungai Pinyuh.

“Kampanye memakai masker ini merupakan perintah pimpinan yang ditindaklanjuti di masyarakat. Untuk mensukseskan kegiatan ini, kita sudah membentuk tim. Untuk wilayah Kota Mempawah dan sekitarnya dipimpin Kapolres. Sedangkan di Sungai Pinyuh, saya sendiri yang memimpin,” terang Kapolres Mempawah, AKBP Tulus Sinaga, melalui Kompol Barmawis.

Barmawis menyebut, kampanye masker yang melibatkan seluruh elemen masyarakat ini dilakukan secara massif. Sebab, dirinya ingin memastikan masyarakat dapat menerima pesan yang disampaikan dalam kampanye masker tersebut.

“Makanya kampanye ini kita lakukan dengan berkeliling di pasar-pasar, pertokoan, tempat-tempat yang ramai dikunjungi masyarakat serta lingkungan pemukiman lainnya. Total sekitar 5.000 lembar masker dibagikan,” paparnya.

Melalui kegiatan itu, Waka Polres berharap dapat menumbuhkan sikap disiplin dan komitmen masyarakat untuk memakai masker saat beraktivitas diluar rumah. Agar, tujuan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Mempawah dapat terealisasi maksimal.

“Kita berharap masyarakat dapat mendisiplinkan diri untuk menggunakan masker. Ada atau tidak ada petugas, masyarakat dengan kesadarannya sendiri memakai masker sebagai perlindungan,” harapnya.

Tak hanya membagikan masker, imbuh Waka Polres, kegiatan tersebut sekaligus mensosialisasikan penerapan Perbup 50 tahun 2020 tentang disiplin penerapan protap kesehatan dimasa pandemi Covid-19 di Kabupaten Mempawah.

“Dalam waktu dekat, kita akan menerapkan Perbup nomor 50 tahun 2020. Makanya, kita gencar mensosialisasikan aturan ini kepada seluruh kalangan masyarakat. Karena, Perbup ini mengatur tetang perorangan, pelaku usaha, ASN hingga TNI/Polri,” sebutnya.

Barmawis menegaskan, esensi dari penerapan Perbup 50 tahun 2020 bukan semata-mata untuk memberikan sanksi. Lebih dari itu, dimaksukan untuk mendisiplinkan masyarakat agar lebih patuh dan taat menerapkan protap kesehatan selama masa pandemi Covid-19.

“Selagi belum ada pencabutan dari satuan ditingkat atas, maka kita akan terus melaksanakan protap kesehatan di masyarakat. Kita tak bosan-bosanya menghimbau dan mengingatkan masarakat agar taat terhadap protap kesehatan Covid-19,” tuturnya.

Barmawis mengatakan, pandemi Covid-19 bukan halangan bagi masyarakat untuk beraktivitas. Menurut dia, masyarakat tetap dapat melaksanakan rutinitas dengan lancar dengan catatan menerapkan protap kesehatan. Mulai dari memakai masker, jaga jarak, cuci tangan pakai sabun dan lainnya.

“Makanya, kami lakukan kegiatan kampanye masker dan sosialisasi ini dengan sungguh-sungguh. Kita lakukan dengan cara maksimal diluar kebiasaan. Kita ingin all out untuk menyampaikan npesan-pesan protap kesehatan kepada masyarakat,” tukasnya.(wah)

error: Content is protected !!