Kampung KB Desa Kepayang; Hasil Pertanian dan Perikanan Jadi Unggulan

Sektor pertanian dan perikanan menjadi unggulan di Kampung KB Desa Kepayang Kecamatan Anjongan Kabupaten Mempawah. Miliki potensi hasil ikan dan kualitas beras yang baik mentasbihkan Kepayang sebagai desa maju. Perlahan desa ini akan menuju desa mandiri

Mirza Ahmad Muin, Desa Kepayang

Letak Desa Kepayang berada di Kecamatan Anjongan Kabupaten Mempawah. Untuk menuju ke sana. Dari Pontianak bisa melalui jalur Sungai Pinyuh. Berstatus sebagai Kampung KB.

Desa yang dihuni seribuan KK ini, selain menjalankan program Bangga Kencana dari BKKBN, ternyata miliki potensi alam yang dapat menjadikan desanya sebagai desa berkategori maju.

Hasil budidaya perikanan nila dan ikan mas, kemudian miliki hasil pertanian yang berkualitas baik membuat desa ini turut berkontribusi memasok kebutuhan ikan dan beras ke daerah Kalbar.

Untuk sektor perikanan saja, ada banyak masyarakat memanfaatkan halamannya untuk disulap sebagai tempat budidaya ikan nila dan ikan mas. Perputaran uang dari sektor perikanan juga tak main-main. Sebulan bisa ratusan juta.

Selain itu, Desa Kepayang juga terkenal dengan hasil pertaniannya. Pulennya beras di tanah Kepayang menjadikan kualitas beras di sini tak kalah dengan hasil beras di daerah lainnya.

Kepala Desa Kepayang Kecamatan Anjongan Kabupaten Mempawah, Rusdianto menuturkan bahwa desanya merupakan sentral pembibitan ikan nila dan mas.

Hasil bibit ikan di sini, biasanya dipasarkan ke Kota Pontianak, Kabupaten Kubu Raya, Sanggau sampai Sintang. Memulai budidaya ikan sejak awal tahun dua ribu, sampai sekarang kata dia semakin berkembang. Itu terlihat dari banyaknya masyarakat melakukan budidaya ikan.

Dari informasinya, setiap bulan hasil bibit ikan yang keluar dari Desa Kepayang bisa mencapai jutaan bibit. Jika dikalkulasikan dengan uang, hasilnya bisa mencapai Rp 5 ratus juta perbulan.

Menurut dia, air yang ada di sini sangat cocok untuk budidaya ikan mas dan nila. Terlebih bukit disekitaran desa masih terjaga. Sehingga ini menjadi dasar budidaya ikan cocok dilakukan di sini.

Selain sektor perikanan sektor pertanian juga tak kalah baik. Kata dia, kualitas beras Desa Kepayang ketika dikonsumsi sangat pulen. Saat ini proses perizinan dan pembuatan logo beras tengah dibuat. Jika perizinan dan pembuatan logo tidak terkendala, ke depan beras Desa Kepayang dapat miliki ciri khas tersendiri. Menurutnya dengan mencantumkan logo, orang-orang bakal tahu dari mana beras yang masyarakat konsumsi.

Ia menambahkan, desa yang ditasbihkan sebagai desa maju ini, ke depan tengah mengejar desa mandiri. Melihat apa yang sudah dilakukan masyarakat serta potensi alam dan SDM yang ada, ia meyakini ke depan desa ini bisa berpredikat mandiri.(**)

error: Content is protected !!