Kantongi Sertifikat, Kumpul Bareng saat Bakti Sosial

cuci ac masjid

Aksi Sosial: Para teknisi AC yang tergabung dalam Asisi Kalbar saat melakukan bakti sosial mencuci AC masjid setiap Hari Minggu pagi. Istimewa

Teknisi AC Dirikan Dewan Pimpinan Daerah Asisi

Sejumlah teknisi pembersih pendingin ruangan (air conditioner atau AC) mendirikan perkumpulan yang mereka namai ASISI beberapa waktu lalu. Banyak kegiatan dilakukan, salah satunya bakti sosial membersihkan AC beberapa masjid di Kota Pontianak. November mendatang, Asisi berencana mengukuhkan organisasinya ini.

Menurut Ketua DPD Asisi Kalbar Hariansyah, organisasi ini merupakan wadah berkumpulnya teknisi refrigerasi dan tata udara yang meliputi seluruh teknisi pendingin di Indonesia. “Sebagai wadah untuk saling bertukar pengalaman dan meningkatkan kemampuan, keilmuan sekaligus kesejahteraan bagi para anggota. Tanpa memberi beban yang berlebihan kepada mereka,” tuturnya dalam rilis yang diterima Pontianak Post, Sabtu (26/10).

Dijelaskan Hariansyah, Asisi (Asosiasi Teknisi Refrigerasi dan Air Conditioner Nusantara) termasuk organisasi yang bersifat nonprofit. Anggotanya memiliki komitmen menjadi teknisi yang profesional dan berkompeten. Dengan cara kerap mengadakan pelatihan. “Seperti organisasi pada umumnya, Asisi juga mempunyai visi dan misi dalam rangka mewujudkan tujuan organisasi, yakni cermat, cepat dan tepat,” paparnya.

Adanya Asisi diharapkan membentuk tenaga teknisi yang cermat dalam menganalisis permasalahan refrigerator, menciptakan tenaga teknisi yang ahli dan handal di bidang regrigerasi. Serta menciptakan teknisi yang cepat dan tepat dalam menangani permasalahan dan pemberian pelayanan.

Untuk Kalbar, Asisi sebenarnya dibentuk sejak Maret 2018 . “Modalnya semangat dan motivasi dari teman-teman teknisi yang sudah mengantongi sertifikat,” ucapnya. Akhirnya terbentuklah Asisi DPD Kalbar. “Rencananya awal November nanti kami akan mengukuhkan kepengurusan Asisi Kalbar. Akan dilakukan pelantikan,” tutur Hariansyah. Mereka juga mendapat dukungan dari PMI (Panasonic Manufacture Indonesia) Jakarta.

“Semoga silaturahmi sesama teknisi AC, tidak hanya Kalbar, tapi juga seluruh Indonesia dapat terjalin baik,” kata Hariansyah lagi. Kedepannya, Asisi akan terus melakukan kegiatan untuk menambah khasanah pengetahuan teknisi di bidang refrigerasi dan mesin tata udara.  “Kami juga melaksanakan kegiatan sosial rutin yang kami namai Asisi Peduli. Yaitu bakti sosial cuci AC masjid setiap hari Minggu pagi.” ungkap Hariansyah. Asisi berharap kegiatan mereka selalu mendapat dukungan masyarakat, pemerintah daerah serta prinsipal AC. (*/bob)

Read Previous

Pelajaran dari Kedalaman

Read Next

Bupati Landak Resmikan SPAMS Perdesaan