Kantor Bea Cukai Entikong Musnahkan Rokok dan Minol Ilegal

bea cukai

MUSNAH: Kantor Bea Cukai Entikong memusnahkan ratusan barang ilegal, Senin (28/10) | IST

Ditaksir Senilai Rp670 juta

ENTIKONG—Kantor Bea Cukai Entikong memusnahkan tembakau dan minuman beralkohol (minol), Senin (28/10). Barang-barang tersebut merupakan hasil penindakan di Pos Lintas Batas Negara Entikong, penyelundupan melalui jalan tikus, pelimpahan, dan operasi bersama antara CIQS, TNI AD dan kepolisian dalam rentang waktu Agustus 2013 hingga Desember 2018.

Barang milik negara tersebut merupakan hasil tembakau dan minuman mengandung etil alkohol illegal yang tidak dilekati pita cukai, dilekati pita cukai palsu, pita cukai bekas, salah peruntukan, dan salah personalisasi.

Kepala Kantor Bea Cukai Entikong P Dwi Jogyastara, menjelaskan bahwa peredaran terhadap barang ilegal merupakan benalu bagi target penerimaan negara dan meresahkan masyarakat. “Maka dari itu, Bea Cukai gencar melakukan pengawasan berupa penindakan terhadap peredaran barang ilegal,” tegasnya.

Barang-barang yang dimusnahkan di halaman Kantor Bea Cukai Entikong tersebut yakni yaitu 110 botol minuman mengandung etil alkohol (MMEA), 75 karton MMEA, 3 karung MMEA, 48 krat MMEA, 9 karton hasil tembakau, 26 bal hasil tembakau, 324 slop hasil tembakau, dan 23.537 bungkus hasil tembakau. Nilai barang-barang ilegal tersebut ditaksir kurang lebih Rp 673.164.280.

“Dengan peran serta masyarakat dan dukungan sinergi penegak hukum lainnya, komitmen Bea dan Cukai Entikong untuk menjaga perbatasan darat dan melindungi masyarakat Indonesia dari penyelundupan dan perdagangan illegal sebagaimana termasuk dalam misinya dapat berjalan dengan lancar dan mampu menyinambungkan Bea Cukai yang semakin baik,” pungkas Dwi. (r/*)

Read Previous

Membaca Lewat TARTAL

Read Next

Milenial Kurang Taat Lalulintas

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *