Kanwil DJPb Kalbar dan Kodam Tanjungpura Tingkatkan Sinergi

PONTIANAK – Kakanwil Ditjen Perbendaharaan (DJPb) Kalimantan Barat, Edih Mulyadi bersama Bambang Hartono, Kepala Bagian Umum Kanwil DJPb Kalbar beserta rombongan mengunjungi Komando Daerah Militer (Kodam) XII/Tanjungpura, Rabu (2/10). Dalam kunjungannya ini, Edih bertemu dengan Panglima Kodam (Pangdam), Muhammad Nur Rahmad.

Kunjungan kali ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi serta membahas pelaksanaan anggaran satuan kerja (Satker) TNI AD di Kalbar. Edih menyampaikan apresiasi terhadap satker TNI AD di Kalbar karena telah menjadi salah satu satker yang memiliki kualitas anggaran yang baik.

Terdapat 10 Satker TNI AD di Kalbar dan seluruhnya memiliki nilai Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) di atas 92, dari nilai yang ditargetkan 88. IKPA sendiri menjadi indikator untuk menilai kesesuaian perencanaan dengan pelaksanaan anggaran, kepatuhan atas regulasi, serta efektivitas pelaksanaan kegiatan dari suatu satker.

Selain IKPA, Edih juga menyampaikan bahwa satker di Kanwil DJPb Kalbar ditargetkan memiliki realisasi anggaran pada Triwulan III dengan minimal sebesar 60%, agar pelaksanaan kegiatan satker tidak menumpuk di akhir tahun.

Selaras dengan kebijakan Kakanwil DJPb Kalbar, Satker TNI AD di Kalbar sendiri sudah mencapai target tersebut, dan seluruh satkernya memiliki realisasi di atas 70%. Realisasi anggaran tersebut juga memiliki manfaat untuk meningkatkan multiplier effect sehingga APBN sungguh-sungguh memberikan manfaat yang lebih besar untuk pembangunan dan kesejahteraan rakyat di Kalbar.

Nur Rahmad menyambut baik kunjungan dari Kanwil DJPb Kalbar. Menurutnya, kunjungan ini merupakan langkah yang baik untuk meningkatkan sinergi. Nur Rahmad sendiri juga mendukung kebijakan pelaksanaan anggaran yang ditetapkan Kanwil DJPb Kalbar agar pelaksanaan anggaran di Satker TNI AD di Kalbar dapat ditingkatkan lebih baik dan memberikan manfaat lebih besar bagi masyarakat.*

loading...