Kanwil Pajak Siap Kerja Sama dengan Pemkab Mempawah

KUNJUNGAN: Kepala Kanwil DJP Kalimantan Barat Farid Bachtiar menerima kunjungan kerja dari Dinas (PMKUKMPTSP dan BPPRD Kabupaten Mempawah. IST

Optimalisasi Penerimaan Pajak

PONTIANAK—Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kalimantan Barat Farid Bachtiar menerima kunjungan kerja dari Kepala Dinas Penanaman Modal Koperasi Usaha Kecil Menengah Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMKUKMPTSP)  Nurmala, SH, M.Si dan Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Dra. Irnawati, M.Si. dari Kabupaten Mempawah.

Pada pertemuan tersebut, Irnawati menyampaikan harapan Bupati Kabupeten Mepawah Hj. Erlina Ria Norsan  agar pengusaha yang melakukan usaha di Kabupaten Mempawah mempunyai NPWP di Mempawah. Harapannya agar bagi hasil dari pajak pusat yang diterima oleh Kabupaten Mempawah meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Menanggapi harapan Bupat Mempawah, Farid mengatakan mendukung apa yang menjadi keinginan tersebut. Terutama untuk perusahaan yang hanya mempunyai lokasi usaha perkebunan atau pertambangan di Kabupaten Mempawah tapi berkantor pusat di Jakarta.

Kepala KPP Pratama Mempawah Suharto yang mendampingi Farid mengatakan bahwa bila lokasi usaha di Kabupaten Mempawah sedang kantor pusat di Jakarta maka PPh pasal 21 atas gaji direkturnya dipotong di Jakarta, sedangkan PPh pasal 21 untuk karyawan yang gajinya lebih rendah atau mungkin di bawah PTKP tidak ada potongan PPh Ps. 21 karena gaji dibawah PTKP.

Selain membahas NPWP, Nurmala menyampaikan konsep Tata Cara Pelaksanaan Konfirmasi Status Wajib Pajak (KSWP) di Kabupaten Mempawah untuk dibahas bersama.

Farid menyambut baik atas konsep tersebut. Bahkan Farid mengusulkan agar ada KSWP Plus Plus. Dimana antara Kanwil DJP Kalimantan Barat dan  PMKUKMPTSP ada kerja sama untuk pertukaran data wajib pajak. Hal ini dimaksudkan untuk optomalisasi penerimaan pajak di Kabupaten Mempawah maupun Kanwil DJP Kalimantan Barat. (r/*)

Read Previous

Kemeriahan Bank Mandiri Dalam Festival Imlek dan Cap Go Meh

Read Next

Panggil Aku “King Lukaku”

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *