Kapal Hibah Kemenhub Tiba

HIBAH KEMENHUB: Kapal Pelayaran Rakyat hibah dari Kementerian Perhubungan yang akan melayani rute Sukadana – Kepulauan Karimata telah tiba di Pelabuhan Teluk Batang, kemarin, usai berlayar dari Surabaya. ISTIMEWA

Pelayar Rute Sukadana-Karimata

SUKADANA – Kapal pelayaran rakyat yang merupakan hibah dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) saat ini telah berada di Pelabuhan Teluk Batang, usai berlayar dari Surabaya, Jawa Timur. Jika tidak ada masalah, rencananya kapal tersebut akan segera dioperasionalkan sebagai kapal perintis jalur Sukadana – Kepulauan Karimata. Hal tersebut dijelaskan Bupati Kayong Utara Citra Duani.

“Untuk Kapal Pelayaran Rakyat sudah sampai di Teluk Batang dari Surabaya, Jawa Timur. Nantinya akan kita uji coba terlebih dahulu. Jika tidak ada masalah, akan segera dioperasionalkan sebagai kapal perintis untuk jalur Sukadana – Kepulauan Karimata,” terang Bupati di Sukadana, Senin (2/9).

Diakui Bupati, selama ini transportasi laut menuju Kepulauan Karimata hanya berlangsung seminggu sekali. Itu pun, dia menambahkan, masih belum menjangkau pulau-pulau terluar. Rute yang ada, menurut dia, hanya terhubung ke Desa Pelapis, ibukota Kecamatan Kepulauan Karimata. Sementara untuk rute ke Desa Betok dan Desa Padang, diungkapkan dia, belum terjangkau sama sekali.

“Sementara, baru satu kapal pelayaran rakyat yang baru tiba. Ini akan melayani jalur ke Kepulauan Karimata. Mudah-mudahan saja untuk ke depan dapat ditambah lagi, sehingga untuk angkutan arus orang maupun barang bisa lancar beroperasi,” harap Bupati.

Kapal perintis tersebut, dijelaskan Citra tetap menerapkan tarif bagi masyarakat pengguna layanannya. Citra memastikan jika penetapan tarif tersebut sesuai dengan aturan yang akan dibuat, dan akan dikelola oleh Dinas Perhubungan.

“Nanti bagi masyarakat yang akan menggunakannya tentu dikenakan tarif. Mengenai tarif tersebut tentunya sesuai dengan aturan yang ada. Sementara itu mengenai fasilitas yang dimiliki kapal perintis sudah cukup lengkap. Di antaranya ada TV, AC, dan lain-lain, dengan kapasitas sekitar 25 orang,” paparnya.

Secara garis besarnya bahwa kapal yang telah dihibahkan memiliki kapasitas 35 GT, panjang 17,6 meter, lebar 4 meter, engine inboard 1×210 HP, kecepatan 8 – 9 knot, kapasitas penumpang 25 orang, dan mampu memuat barang sekitar 10 ton. (dan)

Read Previous

Dorong Terciptanya Lingkungan Bersih dan Sehat

Read Next

Hibahkan Bus ke Desa Hilir Kantor

Tinggalkan Balasan

Most Popular