Kapolda Baru Fokus Pilkada

PERPISAHAN: Kapolda baru, Irjen Pol R Sigid Tri Hardjanto berjalan didampingi Kapolda lama, Irjen Pol Didi Haryono, Kamis (13/2) pagi di lapangan Jananuraga Mapolda Kalbar.HUMAS POLDA KALBAR

Lepas Sambut Kapolda Kalbar

PONTIANAK – Polda Kalbar menggelar berbagai kegiatan guna menyambut kedatangan Kapolda Kalbar yang baru saja dilantik, yakni Irjen Pol R Sigid Tri Hardjanto. Sigid menggantikan Kapolda sebelumnya Irjen Pol Didi Haryono yang telah berpindah tugas sebagai Itwasum Polri.

Diawali dengan penyambutan Kapolda baru oleh seluruh jajaran. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan proses serah terima jabatan internal yang berlangsung di Mapolda Kalbar. Acara diakhiri dengan upacara lepas sambut (farewell) yang berlangsung di lapangan Jananuraga Polda Kalbar, pada Kamis (13/2).

Dalam sambutannya di sela-sela upacara lepas sambut, Kapolda Kalbar terdahulu, Irjen Pol Didi Haryono tak lupa mengungkapkan terima kasihnya terhadap segenap jajaran yang selama lebih dari dua bekerja sama dan mampu mengelola situasi Kamtibmas dengan baik.

“Saya masih ingat, hari pertama menjadi Kapolda Kalbar, saat itu Kalbar menjadi salah satu daerah dengan tingkat kerawanan tinggi, terutama menjelang Pilkada 2018. Pada Pilkada (2018) tersebut, Kalbar menduduki ranking ketiga daerah terawan, setelah Papua dan Maluku,” jelasnya.

Namun, sambung Didi, keadaan tersebut perlahan mulai berubah saat Pemilu 2019. Ketika itu Kalbar menduduki rangking ke-29 dengan nilai 47,31 persen. Penurunan peringkat kerawanan tersebut dianggap sebagai hasil kerja keras dan sinergi semua pihak, sehingga pilkada, pileg dan pilpres dapat terlaksana dengan aman dan kondusif.

Ke depan, dia optimistis Kapolda Kalbar yang baru beserta seluruh jajaran dapat melanjutkan program kerja yang telah tersusun dan tentunya sesuai dengan apa yang telah ditetapkan Mabes Polri dalam rangka akselerasi dan transformasi Polri yang profesional modern dan terpercaya (Promoter).

“Pesan saya kepada personel agar dapat terus bahu-membahu. Jalin terus kekompakan, soliditas dan sinergi untuk melanjutkan program-program Polda Kalbar,” pesan Didi.

Dalam kesempatan tersebut, pria kelahrian Sambas ini juga tak lupa menyampaikan berbagai pengalaman, peristiwa, hingga momen-momen yang sangat berkesan selama berada di Kalbar. Menurutnya, hal tersebut akan selalu menjadi kenangan terindah yang selalu ada dalam memori.

“Terima kasih yang tak terhingga dan apresiasi kepada semuanya yang telah bersama sama menjaga situasi Kamtibmas. Semoga jalinan silaturahmi antara kita terus terjaga,” tutupnya.

Di tempat yang sama, Kapolda Kalbar, Irjen Pol Remigius Sigid Tri Hardjanto merasa bangga dan sangat beruntung bisa mendapat kesempatan untuk melanjutkan amanah dari Irjen Pol Didi Haryono yang merupakan seniornya tersebut.

“Karena selama kepemimpinan beliau sudah banyak hal yang dilakukan dan dicapai khususnya dalam menjaga stabilitas kamtibmas. Saya tinggal meneruskan saja,” ujarnya.

Terkait pelepasan Irjen Pol Didi Haryono, Sigid mengatakan hal ini akan membekas bagi seluruh jajaran dan jelas akan membuat setiap personel merasa kehilangan sosok pemimpin sekaligus bapak. “Tentunya kita mendoakan untuk kesuksesan Bapak dan Ibu (Irjen Pol Didi Haryono dan istri) di tempat tugas yang baru dan di mana saja. Terima kasih setinggi tingginya dari saya dan seluruh jajaran Polda Kalbar untuk Bapak dan Ibu,” pungkasnya.

Sementara untuk langkah ke depan, pria kelahiran Magelang tersebut mengajak semua pihak untuk bersama mempertahankan serta meningkatkan apa yang sudah dicita-citakan bersama, yakni menciptakan Polri yang dipercaya masyarakat.

Di sisi lain, Sigid menilai momentum sertijab ini sekaligus akan menjadi bahan evaluasi, terutama untuk jajaran Polda Kalbar. Hal ini mengingat tahun 2020 akan berlangsung pilkada serentak di tujuh kabupaten yang ada di Kalbar, meliputi; Sambas, Bengkayang, Sekadau, Melawi, Sintang, Kapuas Hulu, dan Ketapang.

“Maka perlu diperlukan antisipasi kerawanan yang akan terjadi. Selain itu juga perlu dilakukan pengawasan preventif, preemtif, dan represif untuk menjaga situasi kamtibmas,” tegasnya.

Dia pun mengatakan berbagai persiapan akan segera dilangsungkan demi menyukseskan Pilkada 2020 di tujuh kabupaten tersebut. Salah satu caranya adalah dengan melakukan penyesuaian keadaan, serta menjadikan pilkada tahun 2018 dan pemilu 2019 sebagai tolok ukur untuk melaksanakan pengamanan pilkada kali ini.

Dia pun optimistis, Polda Kalbar akan menjadi salah satu daerah teraman dalam agenda Pilkada 2020. “Walaupun berbagai pengalaman telah saya lewati, namun tentunya saya masih butuh dukungan dan kerjasama dari saudara sekalian,” tuturnya.

Sigid mengajak seluruh pihak untuk saling bersinergi serta menjaga keharmonisan menjelang diadakannya pesta demokrasi di tingkat kabupaten tersebut. “Tentunya di sini dukungan dari masyarakat juga sangat penting dalam mewujudkan Polri di Kalbar yang lebih baik dalam semangat promoter,” pungkasnya. (sig)

 

 

 

Read Previous

Harga Karet Kalbar Sulit Naik

Read Next

Kehebatan Surah Al Fatihah

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *