Karhutla di Mempawah Jadi Sorotan

JADI SOROTAN: Wabup dan Muspida saat meninjau lokasi Dusun Telayar yang akan dikunjungi pejabat pusat. ISTIMEWA

Lima Pejabat Pusat akan Kunjungi Telayar

MEMPAWAH – Kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten Mempawah menjadi sorotan pemerintah pusat. Dalam waktu dekat, lima pejabat pusat akan berkunjung ke Dusun Telayar, Desa Sejegi, Kecamatan Mempawah Timur. Mereka akan melihat langsung dampak karhutla di wilayah itu.
Lima pejabat pusat tersebut diantaranya Menkopolhukam, Wiranto,  Menteri Lingkungan Hidup, Siti Nurbaya, Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri, Tito Karnavian dan Kepala BNPB Pusat, Doni Monardo.

Menyikapi kunjungan tersebut, Pemerintah Kabupaten Mempawah beserta jajaran Muspida melakukan sejumlah persiapan. Rapat koordinasi pun dilakukan untuk mendukung kelancaran kunjungan tersebut. Dipimpin Wakil Bupati, H Muhammad Pagi, rapat koordinasi dilaksanakan diruang kerjanya, Rabu (21/8) pagi.

“Kami sudah melakukan rapat bersama Sekda, Kapolres, Dandim, Kepala BPBD dan pihak terkait lainnya terkait kunjungan kerja pejabat pemerintah pusat dalam rangka peninjauan lokasi karhutla di Dusun Telayar,” terang Wabup saat ditanya persiapan pemerintah daerah.

Setelah melakukan rapat koordinasi, imbuh Wabup, pihaknya pun melakukan peninjauan lapangan. Dia bersama jajaran Muspida turun langsung ke lokasi Dusun Telayar untuk mengecek dan memantau titik yang nantinya akan dikunjungi para pejabat pemerintah pusat tersebut.

“Kita turun terlebih dulu untuk melihat situasi dan perkembangan dilapangan. Ini sangat penting agar kunjungan kerja pejabat pusat nantinya berjalan dengan baik dan lancar. Sehingga, para pejabat pusat bisa mendapatkan data yang dibutuhkan dalam penanganan karhutla,” tuturnya.

Ditanya agenda acara kunjungan, Wabup mengatakan, para pejabat pusat menggunakan helikopter dan mendarat di Markas Batalyon Denzipur di Anjongan. Dari sana, rombongan akan menuju ke Dusun Telayar menggunakan mobil.

“Rute darat dari Anjongan ke Telayar tidak terlalu sulit, karena akses jalan sudah cukup baik untuk dilalui kendaraan. Nantinya, iring-iringan kendaraan juga akan mendapatkan pengawalan ketat dari petugas pengamanan TNI/Polri,” katanya.

Lebih jauh, Wabup mengatakan, Pemerintah Kabupaten Mempawah menyambut baik dan mendukung penuh kunjungan kerja pejabat pusat tersebut. Dia berharap kunjungan tersebut akan memberikan dampak positif untuk membantu pemerintah daerah dalam mengatasi kasus karhutla.

“Pada prinsipnya, kita sangat mendukung penuh kegiatan kunjungan kerja ini. Sebab, kita sangat berharap kunjungan ini dapat menghasilkan suatu kebijakan strategis yang nantinya akan membantu kami dalam menangkal dan mengantisipasi kasus karhutla dimasa mendatang,” tukas Wabup. (wah)

Read Previous

Wabup Tutup Bupati Cup Merah Putih 2019

Read Next

2 Hari, 52 Ha Lahan Gosong

Most Popular