Kayong Utara Dua Positif Covid 19

DUA POSITIF: Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (KB) kabupaten Kayong Utara, Bambang Suberkah saat beberkan dua positif Covid. DANANG PRAS/PONTIANAKPOST

Waspada dan Jangan Panik

SUKADANA – Kayong Utara kembali terdapat penambahahan satu pasien positif Covid -19 setelah dilakukan test swab. Pasien tersebut merupakan pasien pertama, yang saat ini masih dalam proses karantina.

Karenanya, hingga Kamis (7/5) tercatat Kayong Utara terdapat dua pasien yang positif terpapar virus korona. Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (KB) Bambang Suberkah menjelaskan untuk pasien tersebut merupakan warga Sukadana, Kabupaten Kayong Utara.

Bambang menambahkan, untuk pasien positif terpapar virus korona ini baru satu kali dilakukan test swab Covid. “Ia benar ada penambahan satu lagi pasien positif,”singkat Bambang kepada Pontianak Post, Kamis (7/5) siang melalui telepon genggamnya.

Bambang menambahkan, untuk pasien pertama yang saat ini masih dalam karantina ketat, diduga virus tersebut dibawanya dari India.

Sebab, hingga saat ini bisa dibilang di Kayong Utara belum ada terjadi tarsmisi lokal penyebaran virus korona (Covid-19).

Kepada masayrakat Bambang pun berpesan agar tidak perlu panik, namun tetap waspad dan tidak perlu takut yang berlebihan. “Kepada masyarakat diharapan tidak panaik, dan takut yang berlebihan. Insya Allah masih aman lah Kayong Utara. Tetapi tetap protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah mohon agar dapat dilaksanakan,”pesan Bambang.

Sebab, sambung bambang, protokol kesehatan yang telah dianjurkan pemerintah diharapakn dapat mengurangi terjadinya penyebaran virus tersebut, dan juga dapat memutus mata rantai penyebarannya.  “Jika terpaksa keluar rumah, diharapkan selalu menggunakan masker, dan dapat selalu cuci tangan dengan sambun yang bersih,”pesannya.

Sebelumnya diberikatakan, Bupati Kayong Utara Citra Duani menjelaskan satu Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Kayong Utara dinyatakan positif terpapar virus corona (Covid-19) usai dilakukan test swab virus corona yang keluar pada 15 april 2020 lalu.

“Satu Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Kayong Utara dinyatakan positif, setelah dilakukan test swab, yang bersangkutan pernah mengikuti jamaah tablik di India,” terang Bupati Kayong Utara beberpa waktu lalu.

Sementara itu, berdasarkan data yang dihimpun dari Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (KB) Kayong Utara jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) 8 orang, Orang Tanpa Gejala (OTG) non rekatif 9 orang, Orang Tanpa Gejala (OTG) I orang.  Pasien Dalam Pemantauan (PDP) meninggal 2 orang, menunggu hasil test swab 5 orang, dan Positif terpapar Covid-19 dua orang. (dan)

 

Read Previous

Layani Pelanggan Wajib Pakai Masker

Read Next

PC NU Kapuas Hulu Bantu 40 Paket APD