Kebakaran Di Lereng Bukit Rentap

EKS KEBAKARAN: Kebakaran yang melanda sebagian lereng Bukit Rentap yang terletak di Desa Baning Panjang, Kecamatan Kelam Permai, kemarin.POLSEK KELAM PERMAI FOR PONTIANAK POST 

SINTANG-Kebakaran kembali melanda lahan di Kabupaten Sintang. Kali ini terjadi di kaki Bukit Rentap, Desa Baning Panjang, Kecamatan Kelam Permai. Api berhasil dipadamkan dengan bantuan warga sekitar, sehingga kebakaran lahan tidak meluas.

“Ada warga yang buka ladang di kaki Bukit Rentap, kemudian kemungkinan ada faktor angin yang membawa percikan api hingga ke lereng Bukit Rentap, hingga kebakaran pun tak terhindarkan,” ujar Harianto, Kapolses Kelam Permai saat dikonfirmasi Pontianak Post, Kamis (22/8). Sementara kebakaran terjadi pada Rabu (21/8).

Ia juga bercerita bahwa ketika kebakaran terjadi, pemadaman sulit dilakukan oleh warga setempat yang juga dibantu oleh personil dari Polsek Kelam Permai. Hal ini dikarenakan lereng bukit yang sulit dilalui untuk membawa air dan jauhnya sumber air yang ada dikarenakan musim kemarau.

“Sampai saat ini kita meminta bantuan kepada helikopter yang saat ini ada di Melawi, untuk water boom di lereng Bukit Rentap yang terbakar agar api benar-benar sudah tidak ada. Kemungkinan sore ini (Kamis, 22/8, Red), helikopternya sudah tiba,” paparnya lagi.

Saat ini, ia bersama Damkar, BPBD Sintang, Koramil Kelam Permai dan warga terus melakukan monitoring di lokasi kejadian. Hal ini dilakukan untuk mengakomodir titip api yang meluas, terkait dengan warga yang membuka lahan, pihak Polsek juga sedang meminta keterangan.

“Saat ini warga ysedang kita mintai keterangannya,” tambahnya.
Ia juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar pada musim kemarau ini. Apalagi saat musim kemarau ini, air banyak yang kering, sehingga menyulitkan proses pemadaman ketika ada kebakaran yang terjadi.

“Saya himbau kepada masyarakat agar tidak membakar lahan pada musim kemarau ini, saya juga mentoleransi hal tersebut,” tutup kapolsek. (fds)

Read Previous

Berhentilah Merokok di Tempat Umum

Read Next

Jaga Aset Negara dengan Sertifikasi 

Tinggalkan Balasan

Most Popular