Kejuaraan Catur Bank BTN dan Percasi

CATUR  : Para pemenang bersama perwakilan Bank BTN dan Percasi berfoto bersama usai serah terima pengghargaan. Riesala Anvar/Pontianak Post

Dukung Anak Berprestasi

PONTIANAK – Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kota Pontianak dan Bank BTN sukses menggelar turnamen catur antar pelajar se-Kalimantan Barat 15-17 November, di hotel Kapuas Palace.

Ini menjadi kali pertama Percasi Kota Pontianak dan Bank BTN menyelenggarakan turnamen catur, di tahun depan, turnamen catur Bank BTN akan dilaksanakn di Kota Singkawang.

Kepala Bank BTN cabang Pontianak, Dudi mengatakan ini merupakan partisipasi dalam mendukung atlet daerah, menyemangati, dan memotivasi serta semangat yang ditunjukkan oleh para peserta.

“Yang jelas pembinaan terus bergulir dan mendukung pembinaan atlet junior terurama yang ada di Kalimantan Barat,” ucapnya, Minggu (17/11).

Dudi melihat tingginya antusias dari para peserta yang mana di tahun pertama penyelenggaraan bisa mencapai 200 peserta. “Jumlah tersebut sudah sangat banyak, nantinya jika sudah rutin bergulir akan bisa bertambah lagi,” ungkapnya.

Ketua Percasi Kita Pontianak, Tugiyo mengapresiasi Bank BTN yang sudah mendukung sebagai vendor utama di kejuaraan ini.

“Jujur saja untuk membina atlet catur di Kota Pontianak, kami masih terkendala dana yang sangat terbatas. Dari pada itu, untuk melakukan pembinaan kami perlu menggandeng stakeholder dari berbagai pihak baik dari pemerintahan. Untuk pengembangannya, di tahun ini kita coba menggandeng Bank BTN dan ini direspon positif oleh Bank BTN cabang Pontianak hingga Bank BTN pusat,” ungkapnya.

Dari menggandeng stakeholder tersebut, diharapkan muncul prestasi dari kejuaraan ini. “Dan ternyata memang muncul prestasi tersebut, karena terjadi persaingan yang sangat ketat. Contohnya di kategori putra SMA, Nelson Lau di Kejurnas berhasil menempati peringkat tiga, sedangkan Andre Biru Alam tidak lolos di Kejurnas, di pertandingan kali ini Andre berhasil menjadi best player dan juara pertama,” tuturnya.

Disisi lain, Tugiyo mengatakan ada timbal balik yang diberikan kepada Bank BTN yaitu melalui kejuaraan ini mengajak anak-anak untuk rajin dan gemar menabung melalui Tabungan Simpel.

“Dengan juga melakukan MoU kepada sekolah SMA Negeri 5 Pontianak dan MTs negeri 2 Pontianak dan hal ini juga direspon positif oleh pihak OJK maupun Bank Indonesia. Yang mana kemaren dijanjikan oleh Komisaris Bank BTN pak Kamaruddin Sjam akan dilaksanakan lagi tahun depan di Kota Singkawang. Jadi kami merasa terbantu sekali dengan adanya kejuaraan ini,” tandasnya. Selain itu, pecatur junior Kota Pontianak, Luthfi Dani Putra yang baru saja meraih medali perak di kejuaraan di Malaysia, berhasil menjadi best player dan juara di kategori SD. (var)

 

 

error: Content is protected !!