Kembangkan Potensi Kuliner Daerah

KULINER: Ketua TP-PKK Kalbar Lismaryani bersama Chef Juna saat acara SPB Borneo Cullinary Events di Hotel Mercure, Sabtu (22/2).BIRO ADPIM

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) Lismaryani Sutarmidji mengajak masyarakat untuk mengembangkan potensi kuliner dari berbagai daerah di kabupaten/kota se-Kalbar.

Hal tersebut disampaikan saat memberikan sambutan pada acara SPB Borneo Cullinary Events with Chef Juna dan Gala Dinner di Hotel Mercure, Sabtu (22/2). “Seperti diketahui, wisata kuliner menjadi tren dalam pemasaran pariwisata daerah. Setiap tamu maupun wisatawan yang datang ke suatu daerah akan bertanya, apa masakan khas daerah ini yang wajib dicicipi,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan dari usaha kreatif yang ada di Kalbar, 76,12 persen merupakan usaha kreatif dari sub sektor kuliner. Untuk itu sub sektor kuliner memiliki potensi besar untuk terus dikembangkan. Dengan adanya kegiatan seperti ini ia berharap semakin banyak potensi kuliner Kalbar bisa diangkat. “Seperti ikan asam pedas, bubur pedas, kerupuk basah, mie kepiting, mie sagu, sotong pangkong banyak dicari oleh wisatawan, baik nusantara maupun mancanegara, saat berkunjung ke Kalbar,” ujar istri orang nomor satu di Kalbar itu.

Selain itu melihat upaya pihak penyelenggara yang berhasil menghadirkan Chef Juna yang dikenal juga sebagai juri di Masterchef Indonesia, bisa memberikan dampak positif. Lismaryani berharap kehadiran Chef Juna dapat memberikan inspirasi kepada para pecinta kuliner di Kalbar untuk mengembangkan diri dalam mengkreasikan kuliner khas daerah. “Sekali lagi saya sampaikan kepada bapak ibu hadirin sekalian, manfaatkan betul-betul kesempatan malam ini untuk belajar, bertanya, bertukar informasi sesama pecinta kuliner tentang trik dan teknik bagaimana mengolah makanan agar menjadi kuliner khas, khususnya bagi kemajuan pariwisata Kalbar,” pesannya.

Seperti diketahui, SPB Borneo Cullinary Events with Chef Juna dijadikan momentum bagi para pecinta kuliner di Kalbar untuk berbagi pengalaman dan informasi seputar kuliner khas di Kalbar. Kehadiran Lismaryani sebagai Ketua TP PKK Provinsi Kalbar juga menjadi momentum bagi SPB Borneo dan stakeholder lainnya yang bergerak di sektor pariwisata khususnya subsektor kuliner, untuk bisa bersinergi dan berkolaborasi dalam rangka memajukan sektor pariwisata daerah.(bar)

error: Content is protected !!