Kementerian Kesehatan Siapkan SDM dan Fasilitas Penunjang Vaksin Covid-19

ILUSTRASI VAKSIN

JAKARTA- Kementerian Kesehatan tengah menyiapkan sumber daya manusia (SDM) dan sejumlah fasilitas penunjang pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

Menurut Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dalam keterangan yang diterima di Pontianak, Senin, selain itu, juga dilakukan simulasi-simulasi untuk melancarkan bila saatnya vaksinasi nanti dilaksanakan.

Simulasi, lanjut dia, juga mencakup bagaimana distribusi vaksin dilakukan. “Semuanya detail supaya kita tahu betul apa yang harus dilengkapi, apa yang harus dikerjakan supaya di saat pelaksanaannya tidak terjadi hambatan maupun perlambatan,” ungkap Terawan.

Simulasi imunisasi vaksin Covid-19 sudah dilakukan pada Rabu (18/11) di Puskesmas Tanah Sereal “Harapan Keluarga” kota Bogor yang ditinjau langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Ia berharap, dengan berbagai simulasi itu, ketika vaksin telah tersedia semua berjalan lancar baik distribusi maupun pelaksanaannya.

Sementara Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny Lukito mengatakan vaksin yang akan diberikan kepada masyarakat harus memenuhi khasiat keamanan dan efektivitas.

“Sehingga itu menjadi komitmen BPOM untuk terus menjaga, menganalisis pada waktunya dan sekarang proses itu sedang berjalan. BPOM akan memberikan Emergency Use Authorization (EUA) pada waktunya,” tambah kata Penny. (ant)

error: Content is protected !!